Pengaruh Variasi Celah Busi terhadap Emisi Gas Buang pada Mesin Tipe K3-De



pradana, agung elvan enggar (2019) Pengaruh Variasi Celah Busi terhadap Emisi Gas Buang pada Mesin Tipe K3-De. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of Pendahuluan.pdf] Text
Pendahuluan.pdf

Download (549kB)
[thumbnail of (7) ABSTRAK.pdf] Text
(7) ABSTRAK.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of (14) BAB I.pdf] Text
(14) BAB I.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of (15) BAB II.pdf] Text
(15) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[thumbnail of (16) BAB III.pdf] Text
(16) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[thumbnail of (17) BAB IV.pdf] Text
(17) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[thumbnail of (18) BAB V.pdf] Text
(18) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[thumbnail of (19) DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
(19) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of (20) LAMPIRAN.pdf] Text
(20) LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[thumbnail of REVISI PENGARUH VARIASI CELAH BUSI TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA MESIN TIPE K3.pdf] Text
REVISI PENGARUH VARIASI CELAH BUSI TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA MESIN TIPE K3.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of 1510642007.pdf] Text
1510642007.pdf

Download (264kB)

Abstract

Kontribusi emisi gas buang pada kendaraan bermotor merupakan penyumbang emisi gas terbesar di dunia. Setelah emisi dari industri seperti pabrik baik pabrik dalam sekala besar maupun kecil dan juga emisi rumah tangga. Dampak emisi dari kendaraan bermotor semakin besar dengan bertambahnya jumlah kendaraan bermotor khususnya mobil. Setiap mobil yang telah dignakan tentunya memerlukan perawatan pada mesinya. Pada karya tulis ini penulis akan membandingkan pengaruh dari variasi celah busi terhadap emisi gas buang yang dihasilkan oleh pembakaran mesin 4 langka pada kendaraan roda 4 (empat). Pada celah busi 0,9 mm menghasilkan rata rata 0,06% CO, 14,3% CO2, 2,5 ppm HC, 0,12% O2, 1,003 λ. Pada celah busi 1,1 mm menghasilkan 0,05% CO, 14,6% CO2, 7 ppm HC, 0,08% O2, 1,004 λ. Pada celah busi 1,3 mm menghaasilkan 0,06% CO, 14,5% CO2, 17,5 ppm HC, 1,003 λ, semua pengujian dilakukan pada RPM 2000-5000 dengan kondisi mesin pada temperatur kerja.
Kata kunci : Kendaraan, Busi, RPM, Emisi, Celah

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
finali, asmar
npk1609720
Dosen Pembimbing
mufarida, nely ana
nidn0022047701

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 629 Other Branches of Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Agung Elvan enggar Pradana | sinyohaho@gmail.com
Date Deposited: 06 Mar 2020 02:17
Last Modified: 19 Feb 2025 04:16
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3750

Actions (login required)

View Item View Item