Pengaruh Variasi Tipe Bahan Bakar Terhadap Ruang Bakar Engine Lycoming Pada Pesawat Cessna 172S

Nasrullah, Muhammad Nur Cahyo Hidayat (2020) Pengaruh Variasi Tipe Bahan Bakar Terhadap Ruang Bakar Engine Lycoming Pada Pesawat Cessna 172S. Undergraduate thesis, Univertsitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (727kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (671kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (900kB)

Abstract

Keselamatan penerbangan merupakan faktor utama setiap operasi penerbangan. Menciptakan keselamatan, keamanan, dan kelancaran lalu lintas udara telah menjadi komitmen bersama dari setiap pelaku usaha industri penerbangan. Pesawat udara diwajibkan untuk mampu menghubungkan satu tempat ke tempat lainya dengan waktu yang lebih cepat serta tingkat keselamatan dan kenyamanan lebih tinggi. Pesawat bisa terbang karena ada momentum dari dorongan horizontal mesin pesawat, kemudian dorongan engine tersebut akan menimbulkan perbedaan kecepatan aliran udara dibawah dan diatas sayap pesawat . Kecepatan udara diatas sayap akan lebih besar dari dibawah sayap di karenakan jarak tempuh lapisan udara yang mengalir di atas sayap lebih besar dari pada jarak tempuh di bawah sayap, waktu tempuh lapisan udara yang melalui atas sayap dan di bawah sayap adalah sama . Dalam beberapa kasus, mesin menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. yang disebabkan karena detonasi yang terjadi karena terkumpulnya carbon deposit di dalam mesin, sehingga menurunkan performa mesin. Pada penelitian ini didapatkan umlah RPM tertinggi diperoleh pada saat pengujian dengan tipe bahan bakar avgas 100 ll, dengan hasil 2390 RPM ,jumlah RPM terendah diperoleh pada saat pengujian dengan tipe bahan bakar autofuel, dengan hasil 2310 RPM Autofuel lebih banyak terakumulasi carbon deposit daripada avgas 100 dan avgas 100ll. Semakin banyak carbon deposit yang ada di dalam silinder maka akan meningkatkan CHT. Kata Kunci : Pesawat, RPM, dan Carbon Deposit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pesawat, RPM, dan Carbon Deposit.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 629 Other Branches of Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Muhammad Nur Cahyo Hidayat Nasrullah
Date Deposited: 10 Mar 2020 04:14
Last Modified: 10 Mar 2020 04:14
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3805

Actions (login required)

View Item View Item