Strategi Kreatif UMKM Kerajinan Tangan di Era Digital pada Wilayah Kabupaten Jember

Fatimah, Feti (2018) Strategi Kreatif UMKM Kerajinan Tangan di Era Digital pada Wilayah Kabupaten Jember. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
COVER,DAFTAR ISI, LEM EDITORIAL.pdf

Download (833kB)
[img] Text
ARTIKEL UMKM KERAJINAN TANGAN.pdf

Download (605kB)
[img] Text
hasil turnitin 23%.pdf

Download (4MB)
[img] Text
peer revierw strategi kreatif dwi.pdf

Download (436kB)
[img] Text
peer revierw (2) strategi kreatif Nurul.pdf

Download (406kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Identifikasi perilaku konsumen terhadap produk UMKM Kerajian Tangan di wilayah Jember dan bagaimana strategi kreatif UMKM kerajinan tangan di era digital pada wilayah Kabupaten Jember. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 100 responden. Dalam penelitian ini menggunakan alat analisis data Importance-Performance Analysis, Diagram sebab-akibat (Fish Bone Diagram), Analisis SWOT. Hasil identifikasi perilaku konsumen terhadap produk UMKM adalah produk UMKM belum mampu mempengaruhi perilaku konsumen untuk membeli. Dibuktikan dengan nilai rata-rata pelaksanaan adalah 2,67. Nilai rata-rata harapan adalah 4,03. Variabel-variabel yang dipertimbangkan untuk identifikasi perilaku konsumen terhadap produk UMKM Kerajian Tangan di wilayah Jember adalah Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, dan Faktor Psikologi. Strategi yang digunakan untuk meningkatkan kepuasan masyarakat adalah: Strategi SO: 1) Perbaikan kualitas produk dan pelayanan. 2) Research and development. Strategi WO: 1) Penggalian modal 2) Promosi 3) Pengembangan mutu SDM. 4) Meningkatkan semangat kerja SDM. Strategi ST: Optimalisasi kualitas pelayanan. Strategi WT: Community development. Strategi SO (Strenghts – Opportunities) merupakan alternatif strategi yang harus segera dilaksanakan oleh UMKM, hal ini dikarenakan alternatif strategi SO dapat meningkatkan kemampuan bersaing UMKM dengan cepat dan menanggulangi masalah-masalah penting yang dihadapi oleh UMKM. Penggunaan alternatif strategi SO berarti pemanfaatan kekuatan dan peluang yang dimiliki oleh UMKM secara optimal. Kekuatan dan peluang yang dimiliki UMKM harus dimanfaatkan sebaik mungkin karena ini merupakan aset yang dimiliki oleh UMKM.

Item Type: Peer Review
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 13 Apr 2020 03:11
Last Modified: 13 Apr 2020 03:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4087

Actions (login required)

View Item View Item