Feti, fatimah (2018) Similarity (STRATEGI KREATIF UMKM KERAJINAN TANGAN DI ERA DIGITAL PADA WILAYAH KABUPATEN JEMBER). Prosiding 4th Seminar Nasional dan Call for Papers Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
hasil turnitin 23%.pdf Download (4MB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Identifikasi perilaku konsumen terhadap produk UMKM Kerajian Tangan di wilayah Jember dan bagaimana strategi kreatif UMKM kerajinan tangan di era digital pada wilayah Kabupaten Jember. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 100 responden. Dalam penelitian ini menggunakan alat analisis data Importance-Performance Analysis, Diagram sebab-akibat (Fish Bone Diagram), Analisis SWOT. Hasil identifikasi perilaku konsumen terhadap produk UMKM adalah produk UMKM belum mampu mempengaruhi perilaku konsumen untuk membeli. Dibuktikan dengan nilai rata-rata pelaksanaan adalah 2,67. Nilai rata-rata harapan adalah 4,03. Variabel-variabel yang dipertimbangkan untuk identifikasi perilaku konsumen terhadap produk UMKM Kerajian Tangan di wilayah Jember adalah Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, dan Faktor Psikologi. Strategi yang digunakan untuk meningkatkan kepuasan masyarakat adalah: Strategi SO: 1) Perbaikan kualitas produk dan pelayanan. 2) Research and development. Strategi WO: 1) Penggalian modal 2) Promosi 3) Pengembangan mutu SDM. 4) Meningkatkan semangat kerja SDM. Strategi ST: Optimalisasi kualitas pelayanan. Strategi WT: Community development. Strategi SO (Strenghts – Opportunities) merupakan alternatif strategi yang harus segera dilaksanakan oleh UMKM, hal ini dikarenakan alternatif strategi SO dapat meningkatkan kemampuan bersaing UMKM dengan cepat dan menanggulangi masalah-masalah penting yang dihadapi oleh UMKM. Penggunaan alternatif strategi SO berarti pemanfaatan kekuatan dan peluang yang dimiliki oleh UMKM secara optimal. Kekuatan dan peluang yang dimiliki UMKM harus dimanfaatkan sebaik mungkin karena ini merupakan aset yang dimiliki oleh UMKM.
Item Type: | Peer Review |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Identifikasi perilaku konsumen, Analisis SWOT |
Subjects: | 300 Social Science > 330 Economics |
Divisions: | Faculty of Economics > Department of Management (S1) |
Depositing User: | Feti Fatimah |
Contact Email Address: | fetifatimah@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 15 Apr 2020 02:12 |
Last Modified: | 15 Apr 2020 02:12 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4093 |
Actions (login required)
View Item |