Aplikasi Edukasi Pengenalan Hewan Menggunakan Teknologi Augmented Reality

Mufida, Winda Alfa (2016) Aplikasi Edukasi Pengenalan Hewan Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Undergraduate thesis, universitas muhammdiyah jember.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)

Abstract

Enam tahun pertama masa anak merupakan waktu yang paling penting bagi perkembangannya. Orang tua dan pendidik harus dapat membantu merealisasikan potensi anak untuk menimba ilmu pengetahuan, bakat, dan kepribadian yang utuh. Pendidik harus pandai menciptakan situasi yang nyaman, membangkitkan semangat belajar, dan anak antusias belajar dengan memberikan metode pengajaran yang tepat. Teknologi augmented reality sekarang menjadi salah satu bentuk media belajar yang marak digunakan untuk metode pengajaran karena kemampuannya dapat menghibur pengguna. Pada penelitian ini dibuat media pembelajaran baru dengan pemanfaatan dari teknologi augmented reality markerless untuk mengenalkan hewan kepada anak usia dini. Vuforia SDK sebagai alat untuk mengembangkan teknologi augmented reality dengan Java dan C++ berbasis Android. Pengujian deteksi marker dilakukan dengan parameter cahaya dan jarak berdasarkan gambar hewan sebagai markerless yakni gambar gorila, kucing, kuda, kupu-kupu, laba-laba, dan paus. Pada pendeteksian dengan parameter cahaya dilakukan pada jarak 90-100 cm, diperoleh hasil rata-rata maksimal akurasi kemunculan audio dan teks sebesar 80% pada cahaya terang. Pada pendeteksian dengan parameter jarak menunjukan bahwa rata-rata maksimal akurasi kemunculan objek 3D, audio, dan teks sebesar 100% pada jarak 10-40 cm. Berdasarkan hasil survei yang disebar menujukan bahwa aplikasi edukasi berbasis augmented reality ini dinilai 70% sangat menarik dan 80% sangat bermanfaat sebagai media belajar untuk anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Winda Alfa Mufida (1110651168)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, augmented reality, Vuforia SDK, Java, C++, Android, marker
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Department: S1 Teknik Informatika
Depositing User: Hendri UF
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDArifianto, Deninidn0718068103
UNSPECIFIEDRiyan Pratama, Mudafiqnidn198905092019031010
Date Deposited: 15 Aug 2018 07:00
Last Modified: 13 Apr 2020 09:18
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item View Item