Hidayatulloh, Mohammad (2020) Evaluasi Kinerja Simpang Tiga Tangsil Kulon Akibat Pembangunan Industri Pergudangan pada Ruas Jalan Raya Situbondo Desa Tangsil Kulon Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
b. Abstrak-dikompresi.pdf Download (57kB) |
|
Text
c. BAB I_compressed.pdf Download (91kB) |
|
Text
d. BAB II_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text
e. BAB III_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) | Request a copy |
|
Text
f. BAB IV_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
g. BAB V_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) | Request a copy |
|
Text
h. Daftar Pustaka_compressed.pdf Download (68kB) |
|
Text
i. Lampiran_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
j. Jurnal_compressed.pdf Download (521kB) |
|
Text
00. PENDAHULUAN Logo-dikompresi.pdf Download (290kB) |
Abstract
Salah satu hasil dari kebijakan investasi perdagangan di Kabupaten Bondowoso adalah pembangunan gudang distributor barang retail, yang berada di jalan raya situbondo dan berdampingan dengan simpang tiga tangsil kulon. Unjuk kerja jalan raya dan simpang jalan ditunjukkan dengan mengetahui volume kendaraan lalu lintas dengan kapasitas jaringan jalan dan simpang, agar dapat menentukan penanganan yang paling tepat untuk mengoptimalkan fungsi jalan dan simpang. Level of Performace (LOP) adalah salah satu ukuran kinerja lalu lintas yang ada didalam Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997), dimana LOP bisa menjelaskan kondisi operasional dari fasilitas lalulintas. Lingkup kajian analisa ini adalah jalan raya situbondo, simpang tiga tangsil kulon dan pengaturan kebutuhan lahan parkir, analis ini dilakukan pada tahun eksisting, saat beroprasi dan prediksi tahun 2024. Ukuran kinerja Jalan dan simpang tak bersinyal dapat diperkirakan untuk kondisi tertentu menurut faktor geometrik, lingkungan dan lalu lintas yaitu, Kapasitas (C), Derajat kejenuhan (DS), Tundaan (D) serta Peluang antrian (QP %). Diprediksikan dengan adanya penambahan jumlah bangkitan dan tarikan perjalanan serta dikonversikan dengan faktor petumbuhan kendaraan di kabupaten bondowoso per-tahun, maka prediksi kinerja jalan raya situbondo di tahun 2019 dengan V/C Rasio sebesar 0,4156 smp/jam sedangkan untuk simpang tiga tangsil kulon sebesar 0,3691 smp/kend/jam dengan tingat pelayanan B, tundaan 6,6913 dtk/smp, antrian 30,20% - 61,92% atau jarak antrian 28,57 meter. Dan prediksi ditahun 2024 nilai V/C Rasio menjadi 0,5304 smp/jam serta simpang tiga tangsil kulon sebesar 0,4828 smp/kend/jam dengan tingat pelayanan C, tundaan 7,5802 dtk/smp, antrian 39,50% - 80,99% atau jarak antrian 40 meter. Dari analisa kondisi Simpang Tiga Tangsil Kulon Tahun 2024 dengan operasional gudang menunjukkan tingkat pelayanan C, dimana DS = 0,4828. Alternatif atau solusi di dalam meningkatnya kinerja simpang dengan simulasi menambah lebar jalan dengan mendapatkan nilai Kapasitas Jalan (C) sebesar 2529,06 melalui factor lebar pendekat (F ). Sehingga DS menjadi lebih kecil menjadi sebesar 0,3630 atau tingkat pelayanan B..
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering | |||||||||
Department: | S1 Teknik Sipil | |||||||||
Depositing User: | Hidayatulloh Mohammad | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | asetpupr2020@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 30 Sep 2020 04:08 | |||||||||
Last Modified: | 30 Sep 2020 04:08 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5870 |
Actions (login required)
View Item |