Aini, Yulia Qurrotu (2017) Audit Sistem Informasi CMS Order and Sales System pada Kantor Biznet Networks Cabang Banyuwangi Berdasarkan Framework Cobit 4.1. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
ARTIKEL.pdf - Published Version Download (294kB) | Preview |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (159kB) |
||
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (13kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (71kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
Abstract
Sistem Informasi CMS Order and Sales System di kantor Biznet Cabang Banyuwangi merupakan sistem informasi transaksi pembayaran pelayanan telekomunikasi dan multimedia pada kantor Biznet. Hasil analisa SWOT dijelaskan bahwa penggunaan aplikasi belum terdapat SOP (Standar Operasional Prosedur) tentang tentang panduan penggunaan CMS Order and Sales System sehingga apabila customer service mengalami kesulitan maka harus menghubungi kantor pusat. Untuk kemudahan pembayaran melalui transfer, maka Biznet sudah melakukan kerjasama dengan beberapa bank diantaranya Bank Permata, BCA, BCA Milenia, Mandiri dan BII. Akan tetapi, metode pembayaran autodebet masih belum ada didalam aplikasi. Berdasarkan hal tersebut, penggunaan aplikasi belum mencapai tujuan organisasi yang ada pada strategi perusahaan terutama strategi-strategi yang berhubungan dengan dukungan SI/TI terhadap pelanggan. Dalam pelaksanaannya, strategi SI/TI yang dimiliki belum pernah dievaluasi kembali, maka diperlukan adanya sebuah mekanisme kontrol audit sistem informasi atau audit terhadap pengelolaan teknologi informasi perusahaan. Pengukuran auditSI/TI menggunakan kerangka kerja COBIT. Framework COBIT 4.1 merupakan panduan dasar praktik yang digunakan untuk menghubungkan tujuan bisnis ke dalam tujuan TI di dalam mengatur dan mengukur implementasi SI/TI yang ada saat ini dengan memberikan rekomendasi perbaikan untuk pengelolaan perusahaan dimasa yang akan datang. Hasil analisa audit sistem informasi CMS Order and Sales System didapatkan nilai kondisi saat ini (eksisting) dengan rata-rata 2.85, kondisi yang diharapkan (to be) dengan rata-rata 3.97, dengan nilai gap proses TI memperoleh rata-rata 1.12. Nilai rata-rata dari rekomendasi saran perbaikan pengelolaan SI/TI yang diberikan kepada stakeholder didapatkan nilai 0.66, dimana nilai rata-rata ini relatif tinggi sehingga secara umum rekomendasi yang diberikan sesuai dengan keinginan stakeholder. Dan hasil tersebut menandakan adanya kesepahaman antara auditor dengan RACI. Dapat dikatakan sepaham karena mendekati angka 1.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | CMS Order and Sales System, Mekanisme Kontrol Audit Sistem Informasi, Framework Cobit 4.1 | ||||||
Subjects: | 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science | ||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1) | ||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI55201#TEKNIKINFORMATIKA" not defined] | ||||||
Depositing User: | Hendri UF | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Date Deposited: | 31 Aug 2018 02:28 | ||||||
Last Modified: | 11 Sep 2019 11:12 | ||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/672 |
Actions (login required)
View Item |