NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “HARGA SEBUAH PERCAYA” KARYA TERE LIYE

Nur Hasanah Oktawianda, Shafira (2019) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “HARGA SEBUAH PERCAYA” KARYA TERE LIYE. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
artikel.pdf

Download (141kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (454kB)

Abstract

Oktawianda, Shafira Nur Hasanah.2019.Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel “Harga Sebuah Percaya” Karya Tere Liye.Skripsi, Program Studi Bahasa, Sastra Indonesia dan Bahasa Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Dina Merdeka Citranungrum, M.Pd. (2) Dzarna, M.Pd. Kata kunci : Novel, Nilai Pendidikan. Karya sastra terlebih dulu menciptakan dunia khayali sebagai latar belakang tempat kenyataan-kenyataan dan masalah-masalah itu dapat direnungkan dan dihayati oleh pembaca. Dengan demikian pembaca dapat menjawab terhadap kenyataan atau masalah yang disajikan dengan seluruh kepribadiannya. Penelitian kualitatif merupakan penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Oleh karena itu, kualitas dan ketepatan pengambilan data tergantung pada ketajaman menyeleksi yang dipandu oleh penguasaan konsep atau teori. Cara operasional mengumpulkan data disebut data reduction atau data selection. Tindakan mereduksi data tak lain dan tak bukan adalah menyeleksi data dengan cara memfokuskan diri pada data yang dibutuhkan sesuai dengan kriterian atau parameter yang telah ditentukan menurut Siswantoro (2010, hal. 73-74). Instrumen berarti alat yang dipergunakan untuk mengumpulkan data. Selama ini yang dikenal umum adalah test, interview, observasi atau angket. Tetapi dalam penelitian sastra instrumennya adalah peneliti itu di bantu alat berupa table pengumpulan data. Posisi peneliti sebagai instrumen terkait dengan ciri penelitian sastra yang berorientasi kepada teks, bukan kepada sekelompok individu yang menerima perlakuan tertentu (treatment ). Adapun teknik yang dipergunakan dalam proses validasi dikenal dengan nama triangulasi., yakni tindakan menguji atau mengecek data temuan dengan temuan lain selagi tidak adanya kekontrasan atau asal adanya kesesuaian antara satu dengan lainnya. Pada hasil dan pembahasan ini peneliti hanya memaparkan satu data pada masing-masing macam nilai pendidikan karakter karena beberapa nilai pendidikan karakter tersebut akan diuraikan dan dijelaskan dalam lingkup teori yang sama dan tidak jauh berbeda. Berikut data yang mengandung nilai pendidikan. Nilai pendidikan karakter yang ditemukan peneliti ada 10 nilai pendidikan yaitu, nilai cinta kasih, nilai kerja keras, nilai saling menolong, nilai bertanggung jawab, nilai berani mengambil resiko, nilai percaya diri, nilai cerdas, nilai tangguh, nilai saling mengenal, nilai berpikir positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDMerdeka Citraningrum, Dinanidn0717088701
UNSPECIFIEDDzarna, Dzarnanidn0701028802
Date Deposited: 02 Nov 2020 03:10
Last Modified: 02 Nov 2020 03:10
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6861

Actions (login required)

View Item View Item