Pengaruh Variasi Beda Temperatur Terhadap Sifat Kekerasan Baja St 41



Sofarrifai, Muhrijal (2019) Pengaruh Variasi Beda Temperatur Terhadap Sifat Kekerasan Baja St 41. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf

Download (720kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (991kB)
[thumbnail of 1510641007.pdf] Text
1510641007.pdf

Download (346kB)

Abstract

Baja merupakan material yang banyak digunakan dalam kegiatan sektor perindustrian. Pada kondisi operasi atau penggunaannya, baja telah diketahui memiliki sifat mekanik tertentu seperti kekerasan. Sifat mekanik tersebut dapat diperbaiki dengan melakukan beberapa proses perlakuan salah satunya yaitu perlakuan mekanik atau perlakuan panas. Seperti sekarang ini besi dan baja banyak dipakai sebagai bahan industry yang merupakan sumber yang sangat besar, dimana sebagian ditentukan oleh nilai ekonominya, tetapi yang paling penting karena sifatnya bervariasi. Yaitu bahwa bahan tersebut mempunyai sifat yang paling lunak dan mudah dibuat sampai yang paling keras sekalipun. Pada sistem kemudi kendaraan, khususnya pada bagian kingpin, pasak dan poros dituntut untuk memiliki sifat yang keras dan tahan terhadap aus. Oleh karenanya pemilihan material baja harus sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan untuk menunjang fungsi utama dari king pin yang memang sering bergesekan. Material yang sering dipergunakan untuk pembuatan poros ataupun pasak biasanya memiliki tingkat kekerasan yang tinggi seperti Baja berjenis ST 41, ST 42, ST 60 daan lain – lain. Perlakuan panas (heat treatment) sangat diperlukan guna memperbaiki sifat mekanis dari baja, salah satunya perlakuan hardening. pengujian kekerasan pada baja ST 41 hasil dari proses perlakuan panas didapatkan nilai rata – rata tertinggi pada spesimen dengan variasi suhu 750ºC senilai 79,9 HRG yang meningkat sekitar 16,7 HRG sampai 15,7 HRG dibandingkan pada suhu 800ºC dan 850ºC yang memiliki nika rata – rata tingkat kekerasan 63,2 HRG dan 64,2 HRG.
Kata Kunci : Baja ST 41, Heat Treatment, HRG

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Ana Mufarida, Nely
nidn0022047701
UNSPECIFIED
Kosjoko, Kosjoko
nidn0715126901

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari | dindanovitasari1710@gmail.com
Date Deposited: 11 Dec 2020 02:57
Last Modified: 19 Feb 2025 04:18
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7268

Actions (login required)

View Item View Item