Studi Alternatif Konstruksi Pier Jalan Tol Porong–Gempol Menggunakan Tipe Pondasi Drilled–Shaft



Aditya, Irfan Muchtar (2019) Studi Alternatif Konstruksi Pier Jalan Tol Porong–Gempol Menggunakan Tipe Pondasi Drilled–Shaft. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of Jurnal.pdf] Text
Jurnal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[thumbnail of Lampiran Riwayat Hidup.pdf] Text
Lampiran Riwayat Hidup.pdf

Download (199kB)

Abstract

Pembangunan jalan tol merupakan salah satu bentuk usaha pemerintah dalam memudahkan masyarakat di Indonesia untuk bisa melakukan mobilitas mereka baik dalam hal ekonomi maupun sosial dengan baik dan cepat. Pembangunan dengan skala besar selain membutuhkan modal besar juga membutuhkan tanah untuk mendirikan bangunan tersebut. Jalan tol merupakan proyek yang digadang-gadang pemerintah dapat mengurai kemacetan sampai dapat menjadi sumber pemasukan khas negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui forumulasi-formulasi daya dukung tanah dengan pondasi drilled-shaft dan mendapatkan bentuk konstruksi pier.

Prosedur konstruksi yang paling umum digunakan di Amerika Serikat melibatkan pengeboran putar. Ada tiga jenis utama metode konstruksi yaitu : metode konstruksi kering, metode konstruksi casing dan metode konstruksi basah. Pertimbangan desain lainnya, yaitu : desain poros, desain campuran beton, mekanisme transfer beban, dan estimasi kapasitas penahan beban.

Pada penelitian ini menggunakan pondasi drilled–shaft berjumlah 49 buah dengan kedalaman 40 meter dan berdiameter 3 meter dengan daya dukung aksial tiang yaitu, P = 22182,65 kN. Bentuk konstruksi pier dengan tinggi 11,2 meter, berdiameter 3 meter, dan berjumlah 3 bentang. Untuk pekerjaan pembangunan jalan Tol ataupun jalan raya pada umumnya yang dekat sekali dengan pemukiman warga pondasi tipe Drilled–Shafft ini bisa dijadikan alternatif untuk menggantikan tipe pondasi tiang pancang, dikarenakan pekerjaannya tidak menimbulkan suara dan getaran yang membahayakan bangunan sekitarnya.
Kata Kunci : Pondasi Drilled–Shaft. Jalan Tol Porong–Gempol.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Priyono, Pujo
nidn#
UNSPECIFIED
Kuryanto, Totok Dwi
nidn0013086602

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari | dindanovitasari1710@gmail.com
Date Deposited: 15 Dec 2020 02:31
Last Modified: 15 Feb 2025 03:51
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7343

Actions (login required)

View Item View Item