Nailah, Ashfin (2018) PENYIMPANGAN PRINSIP KERJA SAMA MURID DENGAN GURU DI KELAS X SMK MUHAMMADIYAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL NAYLA.pdf Download (227kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (93kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (111kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (89kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
|
Text
BAB I REVISII.pdf Download (124kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
|
Text
BAB IV BARU.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
Text
BAB V BARU.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
Text
LAMPIRAN 2 KARTU DATA PENYIMPANGAN MAKSIM.pdf Download (93kB) |
Abstract
Kata Kunci: Penyimpangan prinsip kerjasama Penyimpangan Prinsip kerja sama yang dimaksudkan dalam kajian ini adalah keberlangsungan komunikasi yang kurang informatif antara siswa dan guru yang terdiri dari 4 maksim yaitu penyimpangan maksim kuantitas, penyimpangan maksim kualitas, penyimpangan maksim relevansi, dan penyimpangan maksim pelaksanaan/cara. Pragmatik merupakan cabang ilmu yang terhitung baru dibanding cabang ilmu bahasa lainnya seperti, fonologi, morfologi, semantik, dan sintaksis. Namun, pragmatik langsung menempati posisi yang tidaka kalah pentingnya dalam kajian ilmu bahasa. Hal tersebut disebabkan oleh jangkauan ilmu pragmatik yang tidak hanya mencakup maksud suatu tuturan, tetapi juga situasi tuturan sehingga dapat menjelaskan maksud yang tidak dapat dijelaskan oleh cabang ilmu lainnya. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dimana metode penelitian ini terdiri dari jenis penelitian, lokasi penelitian, data penelitian, sumber penelitian, teknik penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan pengecekan keabsahan. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimanakah penyimpangan prinsip kerja sama di dalam kelas X SMK Muammadiyah Jember. Rancangan penelitian ini adalah kualitatif, jenis penelitian deskriptif, sasaran penelitian ini adalah murid kelas X SMK Muhammadiyah Jember. Data penelitian ini adalah percakapan antara murid kepada guru dalam interaksi belajar mengajar di kelas. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik rekam dan catat. Analisis data penelitian ini adalah kartu data. Untuk memeriksa keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi ahli yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMK Muhammadiyah Jember. Hasil analisis data menunjukkan bahwa realisasi penyimpangan berbahasa dalam prinsip kerjasama terjadi di beberapa kata atau kalimat yang diucapkan murid dalam percakapannya dengan guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 04 Jan 2021 06:25 | |||||||||
Last Modified: | 04 Jan 2021 06:25 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7613 |
Actions (login required)
View Item |