SIMULASI KINERJA BUNDARAN MENJADI SIMPANG BERSINYAL PADA SIMPANG EMPAT JALAN MASTRIP – JALAN KALIMANTAN – JALAN DANAU TOBA KABUPATEN JEMBER

Faqih, Ahsan Shohibul (2020) SIMULASI KINERJA BUNDARAN MENJADI SIMPANG BERSINYAL PADA SIMPANG EMPAT JALAN MASTRIP – JALAN KALIMANTAN – JALAN DANAU TOBA KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhamadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (318kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (532kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (771kB)
[img] Text
I. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
J. Jurnal.pdf

Download (2MB)

Abstract

Didalam sebuah jaringan sistem transportasi, persimpangan adalah sebuah titik rawan akan terjadinya kemacetan lalu lintas oleh adanya konflik pergerakan arus lalu lintas, sehingga perlu adanya upaya guna memaksimalkan kapasitas dan kinerjanya dengan tetap memperhatikan keselamatan dan keamanan para pengendara serta para pejalan kaki. Simpang empat Mastrip adalah simpang empat lengan yang awalnya merupakan bundaran dengan pertemuan empat arah lengan yaitu lengan utara adalah Jl. Danau Toba, lengan selatan adalah Jl. Kalimantan, lengan barat adalah Jl. Mastrip dan lengan timur adalah Jl. Mastrip. Simpang empat ini terletak dikecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, yang sering terjadi antrian panjang salah satunya pada simpang empat Mastrip disaat sebelum terjadinya pandemi Covid 19, dijalan mastrip lengan sebelah barat terjadi antrian panjang dikarenakan ada salah satu Sekolah Menengah Atas yakni SMA Muhmammadiyah Jember yang letaknya tidak jauh dari lokasi penelitian sehingga ketika jam puncak seperti pagi hari dan siang hari selalu terjadi antrian panjang menuju arah bundaran. Akan tetapi pada saat ini merupakan masa pandemi Covid 19, sesuai dengan anjuran pemerintah untuk me-lock down semua kegiatan yang mengundang keramaian termasuk diantaranya kegiatan pendidikan yang sangat besar pengaruhnya terhadap lalu lintas sehingga terjadi penurunan volume kendaraan pada masa pandemi Covid 19 ini. Berdasarkan hasil analisa dengan MKJI 1997 kinerja simpang empat Mastrip untuk saat ini dari tahun 2020 sampai dengan 2025 dengan angka pertumbuhan volume kendaran sebesar 5% pertahun dan penurunan volume kendaraan pada saat terjadinya pandemi Covid 19 mengalami penurunan sebesar 22% dari kondisi normal. Analisa kinerja simpang empat Mastrip saat keadaan normal volume lalulintas saat jam puncak sebesar 1846,1 smp/jam dengan hasil analisa simulasi simpang bersinyal, DS 0,56 smp/jam dan Tingakat pelayanan (LOS) C, dan hasil analisa simulasi simpang tak bersinyal, DS 0,53 smp/jam, LOS C, serta hasil analisa simulasi bundaran, DS 0,41 smp/jam, LOS B, sedangkan analisa kinerja simpang empat Mastrip saat keadaan pandemi Covid 19 volume lalulintas saat jam puncak sebesar 1234,8 smp/jam dengan hasil analisa simulasi simpang bersinyal, DS 0,44 smp/jam dan Tingakat pelayanan (LOS) B, dan hasil analisa simulasi simpang tak bersinyal, DS 0,43 smp/jam, LOS B, serta hasil analisa simulasi bundaran, DS 0,32 smp/jam, LOS B.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science
600 Technology and Applied Science > 690 Planning, Anaysis, Engineering Design
600 Technology and Applied Science > 690 Planning, Anaysis, Engineering Design > 694 Wood Construction, Carpentry
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Faqih Ahsan Shohibul
Date Deposited: 05 Jan 2021 00:58
Last Modified: 05 Jan 2021 01:02
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7625

Actions (login required)

View Item View Item