KEMAMPUAN MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK DONGENG KARYA SISWA KELAS VIIB SMPN 01 SUKOSARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Cindy Yolanda, Elvira (2018) KEMAMPUAN MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK DONGENG KARYA SISWA KELAS VIIB SMPN 01 SUKOSARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
artikel.pdf

Download (463kB)
[img] Text
13 Abstrak.pdf

Download (83kB)
[img] Text
1 Halaman Sampul.pdf

Download (96kB)
[img] Text
6 Halaman Pengesahan.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
1 Matrik.pdf

Download (183kB)

Abstract

Kata Kunci: Kemampuan, Unsur Intrinsik, Dongeng Dongeng merupakan salah satu karya sastra yang sekaligius termasuk dalam prosa lama. Dongeng adalah suatu cerita yang diangkat dari pemikiran fiktif dan kisah nyata. Dongeng juga merupakan dunia hayalan dan imajinasi dari pemikiran seseorang yang kemudian diceritakan secara turun-temurun dari generasi ke generasi.Permaslahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana kemampuan siswa dalam menentukan unsur intrinsik berupa tema, penokohan, dan latar pada dongeng karya siswa kelas VII B SMPN 01 Sukosari. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menentukan unsur intrinsik berupa tema, penokohan, dan latar pada dongeng karya siswa kelas VII B SMPN 01 Sukosari. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMPN 01 sukosari. Tempat penelitian SMPN 01 Sukosari. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument). Data dalam penelitian dianalisis dengan metode analisis deskriptif yaitu kata-kata yang diperoleh diinterpretasikan dengan reduksi data, kategorisasi, sintesisasi, dan hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menentukan unsur tema pada kelas VII B dapat dikatakan tepat, karena dari 16 siswa, 7 siswa memperoleh kriteria tepat, 5 siswa memperoleh kriteria kurang tepat, dan 3 siswa memperoleh kriteria tidak tepat. Kemampuan siswa dalam menentukan unsur penokohan dapat dikatakan tepat, karena dari 16 siswa, 12 siswa memperoleh kriteria tepat, 4 siswa memperoleh kriteria kurang tepat, dan tidak ada siswa memperoleh kriteria tidak tepat. Kemampuan siswa dalam menentukan unsur setting atau latar dikatakan kurang tepat, karena dari 16 siswa, 5 siswa memperoleh kriteria tepat, 10 siswa memperoleh kriteria kurang tepat, dan 1 siswa memperoleh kriteria tidak tepat. Simpulan berdasarkan hasil penelitian yang sudah didapatkan secara keseluruhan, siswa lebih memahami kemampuan menentukan penokohan dari pada kemampuan menentukan tema dan latar. Dari ketiga unsur intrinsik berupa tema, penokohan, dan latar tersebut siswa yang mampu menjawab dengan tepat sebanyak 10 siswa. Dan siswa yang tidak mampu jawab dengan benar tiga unsur intrinsik berupa tema, penokohan, dan latar sebanyak 6 siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDFatkurocman, Henrinidn#
UNSPECIFIEDAli Vardani, Eka Novanidn0710118501
Date Deposited: 05 Jan 2021 02:23
Last Modified: 05 Jan 2021 02:23
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7636

Actions (login required)

View Item View Item