Islami Zahbirin, Ferizal (2018) ANALISIS PEMAHAMAN SISWA KELAS VIIC TERHADAP PENOKOHAN DAN LATAR PADA DONGENG SANGKURIANG SMP MUHAMMADIYAH 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
JURNAL.pdf Download (621kB) |
|
Text
12.ABSTRAK.pdf Download (247kB) |
|
Text
2.halaman judul.pdf Download (159kB) |
|
Text
6. Halaman Pengesahan.pdf Download (81kB) |
|
Text
19.dapus.pdf Download (161kB) |
|
Text
13.BAB 1.pdf Download (299kB) |
|
Text
14.BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
Text
15.BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
|
Text
16.BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
|
Text
17BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
|
Text
18.bab 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
|
Text
20.MATRIK PENELITIAN rizal.pdf Download (164kB) |
Abstract
Kata Kunci: Analisis Pemahaman Siswa, Penokohan, Latar, Dongeng Sangkuriang. Pada penelitian ini peneliti hanya fokus pada dua unsur instrinsik, yaitu penokohan dan latar. Penokohan adalah perwatakan karakter dari seorang tokoh yang sedang mengalami peristiwa dalam cerita Latar adalah keterangan mengenai tempat dan waktu terjadinya peristiwa-peristiwa dalam karya sastra. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pemahaman siswa kelas VIIC terhadap penokohan dongeng sangkuriang SMP Mmuhammadiyah 1 Jember dan bagaimanakah pemahaman siswa kelas VIIC terhadap latar dongeng sangkuriang SMP Mmuhammadiyah 1 Jember. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa cerpen karangan siswa sejumlah 32 cerpen, teknik analisis data menggunakan (1) reduksi data, (2) penyajian data. (3) penyimpulan dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis penokohan dan latar terhadap pemahaman dongeng Sankuriang yang dikaji dari data 32 siswa dapat disimpulkan sebagaiberikut: 1) Dalam pemamahaman siswa terhadap penokohan dibagi menjadi tiga golongan. Ketiga penokohan tersebut yaitu, a. Penokohan protagonis berjulah 12 siswa terhadap pemahaman dongeng Sangkuriang.. b. Penokohan antagonis berjumlah 10 siswa terhadap pemanan dongeng Sangkuriang.. c. Penokohan tritagonis berjumlah 12 siswa terhadap pemahaman dongeng Sangkuriang. Namun dalam pembahasan tiap golongan penokohan diambil 5 data untuk dibahas. 2) Latar terbagi menjadi dua golongan. Kedua latar tersebut yaitu, Latar tempat berjumlah 14 siswa terhadap pemahaman dongeng Sangkuriang. dan Latar waktu berjumlah 24 siswa terhadap pemahaman dongeng Sangkuriang. Namun dalam pembahasan tiap golongan latar diambil 5 data untuk dibahas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 05 Jan 2021 04:14 | |||||||||
Last Modified: | 05 Jan 2021 04:14 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7657 |
Actions (login required)
View Item |