PELANGGARAN KESANTUNAN DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Dita Agustin, Sandylia (2018) PELANGGARAN KESANTUNAN DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (413kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (166kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.jpg.pdf

Download (246kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (78kB)

Abstract

Kata Kunci : Pelanggaran kesantunan berbahasa, pembelajaran Bahasa Indonesia Kesantunan adalah properti yang diasosiakan dengan tuturan dan di dalam hal ini menurut pendapat di lawantutur, bahwa si penutur tidak melampaui hak-haknya atau tidak mengingkari dalam memenuhi kewajibannya. Penghormatan adalah bagian dari aktivitas yang berfungsi sebagai sarana simbolis untuk menyatakan penghargaan secara regular. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana pelanggaran kesantunan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelanggaran kesantunan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tempat penelitian di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Pada tanggal 9 April 2018. Teknik pengumpulan data adalah teknik rekam. Instrumen dalam penelitian adalah peneliti selaku instrument dan instrumen bantu yakni tabel data. Data dalam penelitian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu kata-kata yang diperoleh dan diinterpretasikan dengan menstranskripsi data hasil rekaman, mereduksi data, memaparkan data. Hasil analisis data menunjukan bahwa realisasi kesantunan berbahasa Indonesia yang berkaitan dengan pelanggaran maksim yang dikategorikan dalam 6 jenis. (1) pelanggaran maksim kebijaksanaan, (2) pelanggaran maksim kedermawanan, (3) pelanggaran maksim penghargaan, (4) pelanggaran maksim kesederhanaan, (5) pelanggaran maksim permufaktan,(6) pelanggaran maksim kesimpatisan terjadi pada beberapa kata atau kalimat yang diucapakan murid dalam percakapnnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHuda, Tanzilnidn0723036803
UNSPECIFIEDAmilia, Fitrinidn0725068501
Date Deposited: 11 Jan 2021 03:53
Last Modified: 11 Jan 2021 03:53
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7772

Actions (login required)

View Item View Item