PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDENGARKAN POKOK BERITA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (STAD) PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 AJUNG JEMBER TAHUN AJARAN 2017/2018
Vikriyah, Zuhrotul (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDENGARKAN POKOK BERITA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (STAD) PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 AJUNG JEMBER TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL.pdf Download (804kB) |
|
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (256kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (418kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (484kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (570kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (951kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
Abstract
Kata Kunci : Mendengarkan Pokok Berita, Strategi Pembelajaran Kooperatif (STAD)
Mendengarkan pokok berita adalah menyimak serta menemukan pokok-pokok berita
(5W+1H) dalam berita yang didengar. Mendengarkan berita adalah menyimak laporan atau
pemberitahuan mengenai kejadian atau peristiwa yang baru saja terjadi, disampaikan oleh
wartawan melalui media massa dengan menggunakan kata-kata dan sering juga disertai
dengan gambar. Setelah mendengarkan atau menyimak berita pendengar diharapkan bisa
menemukan pokok-pokok berita yang telah didengar yaitu (1) what: peristiwa tersebut
mengenai apa, (2) where : di mana tempat kejadiannya, (3) when : kapan kejadian peristiwa,
(4) who : siapa yang terlibat, (5) why : mengapa peristiwa itu terjadi, (6), how : bagaimana
proses terjadinya.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi pembelajaran
kooperatif (STAD) dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan pokok berita pada siswa
kelas VIII SMPN 1 Ajung Tahun Ajaran 2017/2018 dan bagaimanakan strategi pembelajaran
kooperatif (STAD) dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Ajung
Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), sasaran
dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Ajung Tahun Ajaran 2017/2018. Data
dalam penelitian ini berupa hasil observasi, hasil tes dan hasil wawancara. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini dengan tes dan non tes.
Hasil yang diperoleh ialah hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkannya
tindakan. Pada prasiklus hasil belajar siswa yang diperoleh yaitu siswa yang mencapai
ketuntasan belajar sebanyak 12 siswa (32%), pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan
belajar meningkat 19 siswa (51%), dan pada siklus II meningkat menjadi 37 siswa (100%).
Kesimpulan dari hasil penelitian ini ialah Strategi Pembelajaran Kooperatif (STAD)
dapat meningkatnya hasil belajar siswa pada materi mendengarkan atau menemukan pokokpokok
berita
setelah
diterapkannya
tindakan
dengan
menggunakan
Strategi
Pembelajaran
Kooperatif
(STAD).
Partisipasi
belajar
siswa
pada
siklus
I
meningkat
19% dari
prasiklus
dan
siklus
II
meningkat
49% dari
siklus
I.
ContributionContributor NameNIDN/NIDKUNSPECIFIEDHanafi, Hanafinidn0015086701UNSPECIFIEDSamsuri, Samsurinidn0705056605
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 12 Jan 2021 03:40 |
Last Modified: | 12 Jan 2021 03:40 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7806 |
Actions (login required)
View Item |