Analisa Geometrik dan Pendukung Keamanan Konstruksi Badan Jalan pada Jalan dengan Kelandaian Tinggi dan Rawan Longsor (Studi Kasus Jl. Raya Cangkiran pada Km. 2 – Km. 4 Semarang Jawa Tengah)

Setiyanto, Nur Ganjar (2017) Analisa Geometrik dan Pendukung Keamanan Konstruksi Badan Jalan pada Jalan dengan Kelandaian Tinggi dan Rawan Longsor (Studi Kasus Jl. Raya Cangkiran pada Km. 2 – Km. 4 Semarang Jawa Tengah). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI NUR GANJAR.pdf - Published Version

Download (827kB) | Preview
[img] Text
COVER ,DAFTAR ISI SKRIPSI NUR GANJAR.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI NUR GANJAR.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI NUR GANJAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI NUR GANJAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI NUR GANJAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI NUR GANJAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI & DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI NUR GANJAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)

Abstract

Pada dasarnya ruas Jalan Raya Cangkiran Semarang Jawa Tengah merupakan daerah perbukitan yang berada di kaki gunung Ungaran yang banyak terdapat tikungan tajam dan memiliki tebing yang curam dan rawan longsor sehingga ruas jalan ini cukup berbahaya untuk dilalui kendaraan besar dan berat seperti bus dan truk.Dan jalan Raya Cangkiran Semarang merupakan jalan penghubung antar kabupaten seperti kabupaten Boyolali, Surakarta dan kabupeten lainnya yang akan menuju ke kabupaten lain dan ke kota-kota besar serta jakarta. Karena perkembangan dan peningkatan prasarana jalan raya tersebut, perlu diperhatikan dan dihindari dari hal – hal yang tidak diinginkan. Disamping itu juga pada ruas Jalan Raya Cangkiran Semarang juga perlu dianalisa dan evaluasi untuk pengamanan jalan pada daerah yang kritis dan rawan longsor.Lokasi I LC lapangan = 105.5 meter dan LC analisa = 224.27 meter maka selisih LC = 118.77 meter.,Lokasi II LC lapangan = 72 meter dan LC analisa = 148.66 meter maka selisih LC = 76.66 meter.,Lokasi III LC lapangan = 98 meter dan LC analisa = 187.548 meter maka selisih LC = 89.54 meter.,Untuk Alinyamen vertikal pada ketiga lokasi penelitian diperlukan Fill/urukan (eksternal vertical/EV) sebesar Lokasi I = 2.4314 meter.,Lokasi II = 1.4495 meter.,Lokasi III = 1.5640 meter.,Volume Kendaraan atau LHR sekarang dan dalam perencanaan usia 5 tahun mendatang adalah = 12049.374 smp. Perhitungan kapasitas jalan (DS) = 0.328 tergolong dalam kriteria B. dengan test laboratorium tanah pada lokasi penelitian termasuk tanah lempung dengan kohesi = 0.325 gr/cm3 ., berat volume tanah = 1.7 gr/cm3 dan sudut geser = 23.22º dengan faktor keamanan (FS) kurang dari 1 sehingga tanah pada lokasi penelitian tersebut dikatakan tidak stabil. Dalam analisa dan perhitungan saluran drainase dengan bentuk segi empat, material dari beton dengan kecepatan aliran 1,5 m/detik dan dimensi saluran dengan tingi (h) = 0,5 meter, lebar (b) = 0,7 meter serta tinggi jagaan (W) = 0,5 meter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisa geometrik dan pendukung jalan
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 625 Railroad Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 01 Oct 2018 03:31
Last Modified: 10 Sep 2019 13:43
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item View Item