Evaluasi kinerja Perkerasan Lentur Jalan Wongsorejo - Ketapang Kabupaten Banyuwangi Dengan Metode PCI Dan Metode Bina Marga 2013

Setiawan, Arif Candra (2021) Evaluasi kinerja Perkerasan Lentur Jalan Wongsorejo - Ketapang Kabupaten Banyuwangi Dengan Metode PCI Dan Metode Bina Marga 2013. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (884kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (517kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (196kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (532kB)
[img] Text
i. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
j. ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jalan adalah sarana transportasi yang sangat penting untuk menghubungkan perekonomian antar wilayah. Kerusakan jalan banyak terjadi salah satunya karena arus lalu lintas yang padat kendaraan. Seperti halnya jalan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi. Jalan Wongsorejo adalah jalan arteri lintas pantai utara (pantura) yang berada di wilayah paling timur Provinsi Jawa Timur. Dijalan ini kendaraan barang dan angkutan umum sering melintas. Kepadatan kendaraan dan struktur jalan yang kurang baik mengambil bagian dari kerusakan jalan wongsorejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis jenis kerusakan jalan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dan menganalisis penanganan dari kerusakan menggunakan perencaanan perkerasan menggunakan metode Bina Marga tahun 2013. Dalam metode PCI, tingkat keparahan kerusakan perkerasan merupakan fungsi dari 3 faktor utama yaitu: tipe kerusakan, tingkat keparahan kerusakan, dan jumlah atau kerapatan kerusakan. PCI ini merupakan indeks numerik yang nilainya berkisar diantara 0 sampai 100. Nilai 0 menunjukan perkerasan dalam kondisi sangat rusak dan nilai 100 menunjukan perkerasan dalam kondisi sangat sempurna. Hasil kerusakan pada ruas jalan Wongsorejo – ketapang KM.255+000 sampai dengan KM.256+300 adalah retak buaya, retak blok, amblas, cekungan, retak memanjang, tambalan, lubang, alur, sungkur, patah slip dan butiran lepas.nilai rerata PCI dari ruas tersebut yaitu 36,48 dengan kondisi sedang (fair). untuk penanganannya pada KM.255+000 – KM.255+100 Dilakukan pemeliharaan rutin, di KM.255+100 – 255+900 dan KM. 255+900 – KM.256+300 dilakukan tambalan. Dan KM. 256+900 – KM. 256+000 dilakukan pelapisan ulang (overlay). Peritungan perencanaan pelapisan ulang jalan Wongsorejo dengan metode Bina Marga tahun 2013 didapat tambahan tebal lapis overlay = 3 cm. Pada tebal perkerasan di lapangan (eksisting) = 40 cm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja jalan, Perkerasan Lentur, PCI
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Department: S1 Teknik Sipil
Depositing User: SETIAWAN ARIF CANDRA
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorKuryanto, Totok Dwinidn0013086602
Thesis advisorAbadi, Taufannidn0710096603
Contact Email Address: awdaaeon@gmail.com
Date Deposited: 16 Feb 2021 01:24
Last Modified: 16 Feb 2021 01:32
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/8484

Actions (login required)

View Item View Item