METODE PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI PODOK PESANTREN AL-FANANI (STUDI KUALITATIF)

MUHTADIN, AULIYA IL (2017) METODE PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI PODOK PESANTREN AL-FANANI (STUDI KUALITATIF). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (34kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
foto valid.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa pada proses belajar memahami Al-Qur’an harus dimulai dengan kemampuan membaca. Di sekitar kita masih banyak kita jumpai orang islam yang bacaan Al-Qur’annya kurang baik. Oleh sebab itu dibutuhkan metode yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dalam hal ini pihak pondok pesantren Al-Fanani menggunakan metode TAJWID dan tahsin. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana mengetahui metode membaca Al-Qur’an di pondok pesantren Al-Fanani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran membaca Al-Qur’an di pondok pesantren Al-Fanani. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah santri Al-Fanani yang sedang belajar membaca Al-Qur’an. Informan penelitian ini adalah pengasuh dan santri. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah pondok pesantren Al- Fanani menggunakan dua metode pembelajaran dalam belajar membaca Al-qur’an yakni metode TAJWID dan metode tahsin. Dengan menggunakan metode TAJWID santri lebih cepat memahami dan mempraktekkan ilmu tajwid yang dipelajari. Selain itu dengan menggunakan metode TAJWID pengasuh juga dapat dengan mudah memberikan tolak ukur bagi keberhasilan belajar membaca Al- Qur’an santri. Dengan menggunakan metode tahsin pengasuh hanya perlu mengajarkan materi yang belum dipahami oleh santri. Dalam hal ini agar tidak terjadi kesalahpahaman pembaca perlu memahami tajwid dalam perspektif. Dalam hal ini dalam perspektif ilmu penulis menggunakan huruf kecil huruf kecil dan dalam perspektif metode TAJWID versi TAJWID menggunakan huruf kapital dan metode tajwid versi metode tahsin menggunakan huruf kecil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an santri Al-Fanani baik dengan menggunakan metode TAJWID maupun metode tahsin

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UM Jember
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSetiawan, Bahar AgusNIDN0717087802
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:31
Last Modified: 07 Jun 2021 06:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10170

Actions (login required)

View Item View Item