HUBUNGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA SMP MUHAMMADIYAH 06 WULUHAN JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017

Ali, M. Jaenal (2017) HUBUNGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA SMP MUHAMMADIYAH 06 WULUHAN JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (409kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam adalah sebuah proses dalam membentuk manusia-manusia muslim yang mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya untuk mewujudkan dan merealisasikan tugas dan fungsinya sebagai khalifah Allah SWT, baik kepada Tuhannya, sesama manusia dan sesama makhluk lainnya. Sedangkan penerapan pembelajaran pendidikan agama Islam salah satunya untuk meningkatkan pemahaman kecerdasan spiritual siswa. Masalah penelitian ini adalah Adakah hubungan pembelajaran pendidikan agama islam dengan kecerdasan spiritual siswa SMP Muhammadiyah 06 Wuluhan Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan hubungan pembelajaran pendidikan agama islam dengan kecerdasan spiritual siswa SMP Muhammadiyah 06 Wuluhan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan model penelitian korelasi. Lokasi penelitian yaitu SMP Muhammadiyah 06 Wuluhan. Penentuan informan menggunakan: teknik populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, Angket, dan dokumentasi. Adapun Uji Validitas menggunakan SPSS 19. Uji Realibilitas menggunakan model korelasi sederhana, dan Uji Normalitas menggunakan model regresi distribusi normal.. Hasil analisis data menunjukkan hubungan kedua variabel signifikan. Sementara nilai Pearson Correlation (koefisiensi korelasi Pearson) antara pembelajaran PAI dengan kecerdasan spiritual siswa sebesar 0,929. Dengan melihat nilai positif maka hubungan antara pembelajaran PAI dengan kecerdasan spiritual siswa positif, yang artinya meningkatnya pembelajaran PAI akan membawa kenaikan kecerdasan spiritual siswa dan sebaliknya ketika pembelajaran PAI menurun maka kecerdasan spiritual siswa cenderung menurun. Dan taraf signifikansi 1%. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini yaitu hubungan antara kecerdasan spiritual siswa tinggi. Dan hipotesis yang diajukan yaitu ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual siswa Wuluhan Jember Tahun Ajaran 2016/2017 diterima atau terbukti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Perpustakaan UM Jember
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:51
Last Modified: 07 Jun 2021 06:51
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10172

Actions (login required)

View Item View Item