EKSPLORASI MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA PADA DISPLAY PEDAGANG BUAH-BUAHAN DI KABUPATEN JEMBER

Muhtarromah, Naning (2021) EKSPLORASI MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA PADA DISPLAY PEDAGANG BUAH-BUAHAN DI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (202kB)
[img] Text
2. PENGANTAR.pdf

Download (200kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text
9. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
[img] Text
11. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text
Artikel_Naning M_1710251003.pdf

Download (533kB)

Abstract

Eksplorasi matematika berbasis budaya merupakan salah satu dari bahasan matematika. Hal ini menjadi tren karena melibatkan budaya yang ada. Analisis keterkaitan budaya dengan matematika menjadi lebih menarik untuk dijadikan pembahasan pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menggali informasi lebih dalam terkait adanya konsep matematis pada display buah-buahan. Masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana eksplorasi matematika berbasis budaya pada display pedagang buah-buahan ? (2) Bagaimana implementasi eksplorasi konsep matematis display buah-buahan yang dihasilkan ?. Dengan demikian terdapat dua tujuan penelitian yang disimpulkan bahwa untuk mendeskripsikan hasil eksplorasi konsep matematis pada display buah-buahan dan bentuk implementasinya. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada 22 April 2021. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, pedoman wawancara dan pedoman uji coba contoh soal. Hasil eksplorasi yang didapatkan adalah beberapa pola-pola display dan aktivitas penjualan buah-buahan yang terdapat konsep matematisnya. Pada pola-pola display mengandung konsep barisan dan deret, pola-pola tersebut diantaranya berupa tumpukan bervolume, tumpukan pada papan miring dan tumpukan melingkar. Sedangkan pada bentuk tempat/meja display terdapat konsep bangun datar yang meliputi luas dan keliling. Selain itu, pada aktivitas penjualan juga terdapat konsep matematis yaitu persamaan linier. Beberapa konsep matematika pada display dan aktivitas penjualan buah tersebut dapat menjadi referensi baru tentang matematika berbasis budaya pada aktivitas sehari-hari. Selain itu, pembelajaran matematika akan menjadi lebih variatif dan realistis terhadap aktivitas disekitar siswa. Dengan demikian, menjadi penting pula kedepannya untuk adanya eksplorasi matematika berbasis budaya pada objek yang lain, agar lebih berkembang dan memiliki banyak bahan ajar matematika berbasis budaya yang dapat digunakan pada pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Eksplorasi, budaya, display, buah-buahan, matematika
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 511 General Principles of Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Naning Muhtarromah
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSuryaningrum, Christine Wulandarinidn0717028302
UNSPECIFIEDJalil, Abdul-
Contact Email Address: naningmuhtaroomah12@gamail.com
Date Deposited: 05 Jul 2021 03:43
Last Modified: 05 Jul 2021 03:49
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10912

Actions (login required)

View Item View Item