KESULITAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA SD KELAS 1 DI SDN SLAWU 02 KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2020/2021

Citra Fansi, Yuliana (2021) KESULITAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA SD KELAS 1 DI SDN SLAWU 02 KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. Abstrak.pdf

Download (395kB)
[img] Text
c. Bab I.pdf

Download (484kB)
[img] Text
d. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text
e. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text
f. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text
g. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
h. Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text
i. Daftar Rujukan.pdf

Download (452kB)
[img] Text
j. Lampiraan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
k. ARTIKEL .pdf

Download (403kB)

Abstract

ABSTRAK Yuliana, Citra fansi. 2021 Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa SD Kelas 1 di SDN Slawu 02 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing (1) Dr. Wahyu Dyah Laksmi Wardhani, M.Pd. Pembimbing (2) Angraeny Unedia Rachman, S.H, M.Pd. Kata kunci: Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika. Pemahaman konsep matematika adalah konsep- konsep matematika tersusun secara hirerarkis, terstruktur, logis dan sistematis mulai dari konsep yang paling sederhana sampai pada konsep yang paling kompleks. Pemahaman konsep merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh individu sehingga dapat memberikan suatu pemahaman terhadap suatu kajian. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa pemahaman konsep matematis adalah suatu kemampuan kognitif siswa dalam memahami materi-materi matematis yang terangkum dalam mengemukakan gagasan, mengolah informasi, dan menjelaskan dengan kata-kata sendiri melalui proses pembelajaran guna memecahkan masalah sesuai dengan aturan yang didasarkan pada konsep. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan suatu pemahaman terhadap kesulitan konsep matematika mulai dari yang paling sederhana sampai dengan yang kompleks, yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2020 pada anak kelas 1 SDN Slawu 02Patrang Jember. Penelitian yang digunakan adalah penelitian PAR (Participatory Action Research) Penelitian ini adalah metode observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa hasil observasi yang berupa catatan log book dan dan dokumentasi yang berupa foto dari hasil mengamati kegiatan anak kelas 1 dalam proses belajar matematika. Berdasarkan hasil observasi dapat diketahui bahwa pemahaman konsep matematika anak dapat dilihat dari perubahan anak dalam menulis, mengenal simbol bilangan dan mengerjakan operasi penjumlahan, ana mulai bisa menulis bilangan, mengenal simbol dan mengerjakan operasi bilangan. Hal ini mengartikan bahwa dalam pemahaman konsep matematika bisa memudahkan anak dalam megatasi kesulitan dalam pemahaman konsep matematika anak SD kelas 1 di SDN Slawu 02 Patrang Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Yuliana Citra Fansi
Date Deposited: 28 Jul 2021 04:42
Last Modified: 28 Jul 2021 04:49
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11318

Actions (login required)

View Item View Item