MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN MAHFUDZOT DI PONDOK PESANTREN BAITUL ARQOM

Pangestu, Robbi Cahyo (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN MAHFUDZOT DI PONDOK PESANTREN BAITUL ARQOM. Undergraduate thesis, pendidikan agama islam.

[img] Text
01. PENDAHULUAN.pdf

Download (442kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
03. BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
04. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
05. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
06. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text
07. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
08. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
09. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
11. ARTIKEL.pdf

Download (269kB)

Abstract

Cahyo, Robbi 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Quiz Team Pada Mata Pelajaran Mahfudzot di Pondok Pesantren Baitul Arqom, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jember Dosen Pembimbing : (1) Dr. Sofyan Rofi, M.Pd.I (2) Badrut Tamami, M.Pd.I Kata kunci: Metode belajar, Quiz Team, Hasil belajar, Mahfudzot Pemahaman siswa pada kelas 1 MMI (Madrasatul Mu’allimin Al-Islamiyah) Pondok Pesantren Baitul Arqom masih rendah, hal ini terlihat dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti terhadap guru mata pelajaran mahfudzot. Penyebab rendahnya hasil belajar siswa tersebut dikarenakan pemberian materi yang disajikan oleh guru masih monoton yaitu dengan menggunakan metode ceramah, yang mana siswa guru hanya menjelaskan di papan tulis dan siswa hanya dituntut untuk mendengarkan dan memahami. Maka, disinilah muncul rasa kebosanan dan kejenuhan siswa, yang mengakibatkan siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru dan hasil belajar yang diterima oleh siswa masih rendah. Maka dari itu peneliti menerapkan inovasi pembelajaran baru, yaitu belajar yang menyenangkan dan membuat siswa semakin semangat lagi dalam belajar. Dengan harapan inovasi tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang dipakai oleh peneliti disini adalah metode pembelajaran Quiz Team. Pada penelitian ini peneliti bertujuan yaitu untuk mengetahui penggunaan metode Quiz Team ini dalam meninngkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mahfudzot pada kelas 1 MMI (Madrasatul Mu’allimin Al-Islamiyah) di Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung. Dalam subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 yang berjumlah 31 siswa yang keseluruhan adalah laki-laki. Pada penelitian ini peneliti merancang dengan menngunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan adanya 4 tahapanya, yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Untuk Teknik pengumpulan data, disini peneliti menggunakan evaluasi atau tes. Adanya peningkatan dari prosentase ketuntasan siswa yang terjadi pada hasil penelitian terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran mahfudzot. Hal ini terlihat pada tindakan dari siklus I ke siklus II yang menunjukkan adanya peningkatan. Karena sebelum di adakannya penelitian pada tindakan siklus I dan juga siklus II, prosentase ketuntasan klasikal yang terdapat pada hasil evaluasi belajar siswa adalah 29% (9 siswa) dan pada siklus I menjadi 61% (19 siswa), dan pada siklus II lebih meningkat menjadi 84% (26 siswa). Dalam hal ini menunjukkan bahwa sebuah perbaikan sebuah metode pembelajaran dengan menggunakan metode quiz team siswa lebih meningkat dalam pemahamanya terhadap materi yang dipelajarinya, sehingga guru lebih mudah dalam menyampaikan segala materi kepada siswa dan materi yang disampaikan akan lebih mudah untuk tersampaikan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar, Quiz Team, Hasil belajar, Mahfudzot
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 201 Religious Mythology
200 Religious > 201 Religious Mythology > 207 Missions & Religious Education
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Pangestu Robbi cahyo
Date Deposited: 16 Aug 2021 06:54
Last Modified: 16 Aug 2021 06:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11748

Actions (login required)

View Item View Item