Tindak Tutur Direktif Guru dalam Penanaman Nilai-nilai Karakter Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIIB MTs Diponegoro Tegalsari Banyuwangi

Safitri, Indah (2021) Tindak Tutur Direktif Guru dalam Penanaman Nilai-nilai Karakter Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIIB MTs Diponegoro Tegalsari Banyuwangi. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (642kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB) | Request a copy
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (571kB)

Abstract

Tindak tutur merupakan proses yang dilakukan oleh penutur untuk beromunikasi. Sebuah percakapan dalam komunikasi tidak hanya dipahami dari kata- katanya, tetapi harus dipahami juga makna yang dikehendaki penuturnya. direktif adalah tindak tutur yang meminta mitra tutur untuk melakukan sesuatu yang dituturkan oleh penutur. Nilai karakter adalah sebuah sikap atau perilaku yang berdasarkan pada norma dan nilai kebaikan, kebajikan dan kematangan moral seseorang. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimanakah bentuk-bentuk tindak tutur direktif guru dalam penanaman nilai-nilai karakter siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIIB MTs Diponegoro Tegalsari Banyuwangi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk tindak tutur direktif guru dalam penanaman nilai-nilai karakter siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIIB MTs Diponegoro Tegalsari Banyuwangi. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini bentuk tindak tutur direktif dalam penanaman nilai-nilai karakter siswa MTs Diponegoro Tegalsari Banyuwangi. Sumber data yang digunakan ialah dari tuturan guru yang terjadi pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIIB MTs Diponegoro Tegalsari Banyuwangi. Tempat dan waktu penelitian di MTs Diponegoro Tegalsari Banyuwangi, dan waktu penelitian dilakukan pada awal bulan April hingga selesai. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan merode simak. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Teknik pengujian kesahihan data berupa teknik perpanjang pengamatan dan meningkatkan ketekunan. Hasil dari penelitian ini adalah data berupa tindak tutur direktif yang terdapat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIIB MTs Diponegoro Tegalsari Banyuwangi. Dari data tuturan tersebut, ditemukan enam bentuk tindak tutur direktif guru yaitu, permintaan, memerintah, melarang, pertanyaan, memberi izin, menasehati. Dan terdapat nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam tuturan tersebut. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas VIIB MTs Diponegoro Tegalsari Banyuwangi terdapat bentuk tindak tutur direktif guru dalam penanaman nilai-nilai karakter siswa berupa permintaan, memerintah, melarang, pertanyaan, memberi izin dan menasehati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tindak Tutur, direktif, nilai karakter
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Indah Safitri
Date Deposited: 04 Oct 2021 07:48
Last Modified: 05 Oct 2021 01:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12021

Actions (login required)

View Item View Item