Hubungan Kemampuan Berbahasa dengan Kemampuan Sosialisasi pada anak Retardasi Mental Ringan di SLB-C TPA Jember

Saraswati, Novia Putri (2021) Hubungan Kemampuan Berbahasa dengan Kemampuan Sosialisasi pada anak Retardasi Mental Ringan di SLB-C TPA Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadyah Jember.

[img] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. Bab I.pdf

Download (493kB)
[img] Text
c. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text
d. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text
e. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text
f. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text
g. Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text
h. Bab VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text
i. Daftar Pustaka.pdf

Download (482kB)
[img] Text
j. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
k. Artikel.pdf

Download (508kB)

Abstract

Keterbelakangan mental adalah suatu kondisi di mana tingkat kecerdasan seseorang berkisar dari di bawah rata-rata atau kurangnya kemampuan mental dan keterampilan dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara kemampuan bahasa dan keterampilan sosial anak-anak pada simbol surat pengantar dan kata-kata secara keseluruhan di SLB-C TPA Jember. Metode penelitian ini adalah desain korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah 68 siswa SLB-C TPA Jember diambil secara acak. Data dikumpulkan oleh kuesioner dan dianalisis oleh distribusi frekuensi univariat, tes peringkat Spearman bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas usia responden adalah usia 9-16 tahun sejumlah 47 (69,1%), tingkat pendidikan dasar dan menengah hingga 25 orang (36,8%), kemampuan berbicara cukup banyak kategori responden dengan 52 orang (76, 5%) dan kemampuan untuk mensosialisasikan responden cukup banyak 62 orang (91,2%). Ada hubungan antara kemampuan berbicara dengan keterampilan sosialisasi anak keterbelakangan mental ringan di TPA SLB-C Jember dengan arah positif dengan kekuatan di kategori menengah. Sehingga hipotesis ini diterima dan terbukti secara statistik. SLB-C menyarankan kepada TPA Jember untuk menetapkan target pencapaian keberhasilan terkait pengembangan sosialisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berbahasa, sosialisasi, retadrasi Mental
Subjects: 300 Social Science > 304 Factors Affecting Social Behavior
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Novia Putri Saraswati
Date Deposited: 03 Nov 2021 01:28
Last Modified: 03 Nov 2021 01:28
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12138

Actions (login required)

View Item View Item