MEKANISME PELAYANAN PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP DI BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN JEMBER DI MASA PANDEMI COVID-19

Andini, trias putri (2022) MEKANISME PELAYANAN PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP DI BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN JEMBER DI MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas muhammadiyah jember.

[img] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (833kB)
[img] Text
b. Abstrak.pdf

Download (316kB)
[img] Text
c. Bab I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
d. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text
e. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text
f. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
g. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
h. Daftar Pustaka.pdf

Download (315kB)
[img] Text
i. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB) | Request a copy
[img] Text
j. Artikel.pdf

Download (212kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan mekanisme pelayanan yang diberikan oleh badan pertanahan nasional kabupaten jember terutama pada program pendaftaran tanah sistematis lengkap (ptsl). Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Sumber data diperoleh dari kepala badan pertanahan nasional kabupaten jember beserta staf. Pengumpulan data melalui wawancara, obervasi, dan dokumentasi. Analisis menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2015 Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang dahulu dikenal dengan sebutan Kantor Agraria merupakan lembaga pemerintah nonkementerian di Indonesia yang mempunyai tugas untuk melaksanakan tugas pemerintahan di bidang Pertanahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Salah satu program yang sampai saat ini diperlukan masyarakat dan mendapat tanggapan positif yakni PTSL atau Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap. Salah satunya adalah Kabupaten Jember. Program PTSL di Kabupaten Jember memiliki target sertifikasi tanah sebesar 94.000 sertifikat. Target tersebut diharapkan seluruh tanah milik warga Jember sudah sertifikat pada tahun 2024. Namun pada saat ini Indonesia sedang mengalami masa pandemi dimana seluruh mekanisme pelayanan pasti berubah dikarenakan harus mematuhi protokol kesehatan demi mengurangi tersebarnya virus yang sedang menyebar yaitu Covid-19. Peneliti telah mendapatkan informasi bahwa mekanisme pelayanan PTSL di Kantor Badan Pertanahan Nasional di Kabupaten Jember telah sesuai dengan petunjuk teknis Nomor 1069/3.1-100/IV/2018 yakni terdiri dari beberapa tahap meliputi objek PTSL, tahapan kegiatan dan output, kegiatan penerbitan sertifikat, penerbitan, pelaporan. Selain itu, terdapat tahapan pelakasanaan program PTSL yang meliputi tahap persiapan, sosialisasi dan pendaftaran. Sedangkan di masa pandemi kegiatan dibatasi dengan bantuan aplikasi WhatsApp dan mengnduh aplikasi SMART PTSL di Playstore atau Appstore untuk memudahkan masyarakat tanpa harus mengunjungi Kantor Badan Pertanahan Nasional di KabupatenJember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: mekanisme, pelayanan, pandemi
Subjects: 300 Social Science > 320 Political dan Government Science > 321 System of Government and States
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science (S1)
Depositing User: Trias putri andini
Date Deposited: 11 Feb 2022 02:37
Last Modified: 11 Feb 2022 02:37
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12836

Actions (login required)

View Item View Item