NURMALA, RAYH SITTA and Priantari, Ika (2017) (Peer review + Similarity + Document) Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Penerapan Discovery Learning. UM Jember, Jember.
Text
Bioma vol 2 no 1.pdf Download (236kB) |
|
Text
Cek plagiasi MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI PENERAPAN DISCOVERY LEARNING.pdf Download (1MB) |
|
Text
peer review Discovery Learning Bioma.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Subyek penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa semester V kelas B Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Jember tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 26 mahasiswa yang terdiri dari 2 mahasiswa laki-laki dan 24 mahasiswa perempuan pada matakuliah Pengembangan Program Pengajaran Biologi. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Jember. Nilai rata-rata awal keterampilan komunikasi mahasiswa sebesar 45,19 dan siklus 1 sebesar 58,33, terjadi peningkatan sebesar 29,08 %. Nilai rata-rata pada siklus 2 sebesar 71,79, dari siklus 1 ke siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 23,08 %. Nilai rata-rata awal hasil belajar kognitif mahasiswa sebesar 68,38 dan siklus 1 sebesar 70,57, terjadi peningkatan sebesar 3,20 %. Nilai rata-rata pada siklus 2 sebesar 77,14, dari siklus 1 ke siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 9,31 %. Kata kunci: Discovery Learning, Komunikasi, Hasil Belajar
Item Type: | Peer Review |
---|---|
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) |
Depositing User: | Ika Priantari |
Contact Email Address: | ikapriantari@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 16 Feb 2022 06:23 |
Last Modified: | 20 May 2022 01:50 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12949 |
Actions (login required)
View Item |