(Peer review + Similarity + Document) Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Penerapan Discovery Learning



NURMALA, RAYH SITTA and Priantari, Ika (2017) (Peer review + Similarity + Document) Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Penerapan Discovery Learning. UM Jember, Jember.

[thumbnail of Bioma vol 2 no 1.pdf] Text
Bioma vol 2 no 1.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of Cek plagiasi MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI PENERAPAN DISCOVERY LEARNING.pdf] Text
Cek plagiasi MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI PENERAPAN DISCOVERY LEARNING.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of peer review Discovery Learning Bioma.pdf] Text
peer review Discovery Learning Bioma.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BIOMA/in...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan
hasil belajar kognitif mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran Discovery
Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian
ini dilakukan sebanyak dua siklus. Subyek penelitian yang digunakan pada penelitian
ini adalah mahasiswa semester V kelas B Program Studi Pendidikan Biologi Universitas
Muhammadiyah Jember tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 26 mahasiswa yang terdiri
dari 2 mahasiswa laki-laki dan 24 mahasiswa perempuan pada matakuliah
Pengembangan Program Pengajaran Biologi. Penelitian dilaksanakan di Program Studi
Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Jember. Nilai rata-rata awal
keterampilan komunikasi mahasiswa sebesar 45,19 dan siklus 1 sebesar 58,33, terjadi
peningkatan sebesar 29,08 %. Nilai rata-rata pada siklus 2 sebesar 71,79, dari siklus 1
ke siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 23,08 %. Nilai rata-rata awal hasil belajar
kognitif mahasiswa sebesar 68,38 dan siklus 1 sebesar 70,57, terjadi peningkatan
sebesar 3,20 %. Nilai rata-rata pada siklus 2 sebesar 77,14, dari siklus 1 ke siklus 2
terjadi peningkatan sebesar 9,31 %.

Kata kunci: Discovery Learning, Komunikasi, Hasil Belajar

[error in script]

Item Type: Peer Review
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Ika Priantari | ikapriantari@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2022 06:23
Last Modified: 20 May 2022 01:50
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12949

Actions (login required)

View Item View Item