(Peer Review + Similarity + Document) PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN METODE TAKE AND GIVE DENGAN PEMANFAATAN STRATEGI 3W2H



Mijianti, Yerry and Puspitosari, Endah Puji (2019) (Peer Review + Similarity + Document) PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN METODE TAKE AND GIVE DENGAN PEMANFAATAN STRATEGI 3W2H. PBSI FKIP Unmuh Jember, Jurnal Belajar Bahasa.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of Peer Reviewer_Sunarti_Peningkatan.pdf] Text
Peer Reviewer_Sunarti_Peningkatan.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of Peer Review_Asrumi_Peningkatan Keteramp.pdf] Text
Peer Review_Asrumi_Peningkatan Keteramp.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of PENINGKATKAN_similarity_Yerry.pdf] Text
PENINGKATKAN_similarity_Yerry.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Artikel_Peningkatan Keterampilan-Yerry.pdf] Text
Artikel_Peningkatan Keterampilan-Yerry.pdf

Download (686kB)
Official URL: http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/issue...

Abstract

Masalah dalam penelitian inibagaimanakah proses belajar menulis teks eksposisi dan hasil belajar
menulis teks eksposisi melalui metode take and give dengan pemanfaatan strategi 3W2H pada
Kelas X IPA 1 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses
belajar menulis teks eksposisi dan hasil belajar menulis teks eksposisi melalui metode take and give
dengan pemanfaatan strategi 3W2H pada Kelas X IPA 1 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Penelitian
Tindkan Kelas ini meggunakan desain penelitian menurut Arikunto dengan dua siklus. Subjek
penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 yang berjumlah 21 siswa. Lokasi penelitian di SMA
Muhammadiyah Jember. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan,
tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Penelitian tindakan kelas sukses atau berhasil
apabila nilai siswa lebih besar atau sama dengan nilai 87, dan secara klaksikal jumlah siswa yang
mendapat nilai sesuai kritreria ketuntasan mencapai 19-21 siswa. Instrumen penelitian meliputi
instrument tes, lembar observasi, dan angket siswa. Proses belajar siswa semakin meningkat dari
pretes (2,375), siklus 1 (3,408), dan siklus 2 (4,618). Hasil belajar siswa semakin meningkat dari
prasiklus (83,19), siklus 1 (99,19), dan siklus 2 (104,57).

[error in script]

Item Type: Peer Review
Keywords/Kata Kunci: menulis, teks eksposisi, take and give, 3W2H
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science
Depositing User: Yerry Mijianti | yerry.mijianti@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2022 02:03
Last Modified: 19 Feb 2022 02:03
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13044

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item