(Peer Review + Similarity + Document) PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN METODE TAKE AND GIVE DENGAN PEMANFAATAN STRATEGI 3W2H
Mijianti, Yerry and Puspitosari, Endah Puji (2019) (Peer Review + Similarity + Document) PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN METODE TAKE AND GIVE DENGAN PEMANFAATAN STRATEGI 3W2H. PBSI FKIP Unmuh Jember, Jurnal Belajar Bahasa.

![]() |
Text
Peer Reviewer_Sunarti_Peningkatan.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
Peer Review_Asrumi_Peningkatan Keteramp.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
PENINGKATKAN_similarity_Yerry.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Artikel_Peningkatan Keterampilan-Yerry.pdf Download (686kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian inibagaimanakah proses belajar menulis teks eksposisi dan hasil belajar
menulis teks eksposisi melalui metode take and give dengan pemanfaatan strategi 3W2H pada
Kelas X IPA 1 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses
belajar menulis teks eksposisi dan hasil belajar menulis teks eksposisi melalui metode take and give
dengan pemanfaatan strategi 3W2H pada Kelas X IPA 1 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Penelitian
Tindkan Kelas ini meggunakan desain penelitian menurut Arikunto dengan dua siklus. Subjek
penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 yang berjumlah 21 siswa. Lokasi penelitian di SMA
Muhammadiyah Jember. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan,
tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Penelitian tindakan kelas sukses atau berhasil
apabila nilai siswa lebih besar atau sama dengan nilai 87, dan secara klaksikal jumlah siswa yang
mendapat nilai sesuai kritreria ketuntasan mencapai 19-21 siswa. Instrumen penelitian meliputi
instrument tes, lembar observasi, dan angket siswa. Proses belajar siswa semakin meningkat dari
pretes (2,375), siklus 1 (3,408), dan siklus 2 (4,618). Hasil belajar siswa semakin meningkat dari
prasiklus (83,19), siklus 1 (99,19), dan siklus 2 (104,57).
[error in script]
Item Type: | Peer Review |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | menulis, teks eksposisi, take and give, 3W2H |
Subjects: | 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science |
Depositing User: | Yerry Mijianti | yerry.mijianti@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 19 Feb 2022 02:03 |
Last Modified: | 19 Feb 2022 02:03 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13044 |
Available Versions of this Item
-
(Peer Review + Similarity + Document) PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN METODE TAKE AND GIVE DENGAN PEMANFAATAN STRATEGI 3W2H. (deposited 11 Feb 2022 02:53)
-
(Peer Review + Similarity + Document) PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN METODE TAKE AND GIVE DENGAN PEMANFAATAN STRATEGI 3W2H. (deposited 19 Feb 2022 02:03)
[Currently Displayed]
- (Peer Review + Similarity + Document) PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN METODE TAKE AND GIVE DENGAN PEMANFAATAN STRATEGI 3W2H. (deposited 19 Feb 2022 02:06)
- (Peer Review + Similarity + Document) PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN METODE TAKE AND GIVE DENGAN PEMANFAATAN STRATEGI 3W2H. (deposited 19 Feb 2022 02:04)
-
(Peer Review + Similarity + Document) PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN METODE TAKE AND GIVE DENGAN PEMANFAATAN STRATEGI 3W2H. (deposited 19 Feb 2022 02:03)
[Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |