(Peer Review + Similarity + Document) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri pada Materi Jamur



Anggraeni, Erni Lutviani and Priantari, Ika and Harrianto, Elfien (2018) (Peer Review + Similarity + Document) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri pada Materi Jamur. UM Jember, Bioma: Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi.

[thumbnail of bioma vol 3 no 1 Jamur.pdf] Text
bioma vol 3 no 1 Jamur.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of Cek Plagiasi PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI PADA MATERI JAMUR.pdf] Text
Cek Plagiasi PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI PADA MATERI JAMUR.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of peer review Inkuiri Jamur Bioma.pdf] Text
peer review Inkuiri Jamur Bioma.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BIOMA/in...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa berbasis inkuiri dan penilaian pokok bahasan jamur kelas X dan mengetahui uji keterbacaan dan tingkat kesulitan lembar kegiatan siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Educational Research and Development. Desain penelitian menggunakan pada model 4-D (Four D model) yang direduksi menjadi 3-D terdiri dari 3 tahap, tahap pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop). Hasil analisis skor rata-rata penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran dari ahli perangkat dan pengguna diperoleh nilai rata-rata keseluruhan 4,1 dan 4,5 dengan kriteria valid. Skor rata-rata penilaian lembar kegiatan siswa, ahli materi, ahli media, ahli bahasa diperoleh nilai rata-rata keseluruhan 4 dengan kriteri valid. Skor rata-rata lembar observasi keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa, diperoleh nilai rata-rata 4 dengan kriteria valid. Berdasarkan kriteria kevalidan menunjukkan perangkat pembelajaran yang dihasilkan memiliki interpretasi valid dan dapat digunakan. Hasil uji keterbacaan dan tingkat kesulitan menunjukkan lembar kegiatan siswa terbaca dengan baik, serta respon siswa yang memberikan respon positif lebih banyak dibandingkan dengan respon negatif.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Author
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Author
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Author
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED

Item Type: Peer Review
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Ika Priantari | ikapriantari@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 26 Apr 2022 01:42
Last Modified: 20 May 2022 01:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13539

Actions (login required)

View Item View Item