(Peer Review + Similarity) Stimulasi Perilaku Sosial Anak Usia Dini melalui Media Loose Parts (Bahan Lepasan)

Misyana, Misyana (2021) (Peer Review + Similarity) Stimulasi Perilaku Sosial Anak Usia Dini melalui Media Loose Parts (Bahan Lepasan). Jurnal Obsesi, Indonesia.

[img] Text
stimulasi 06-17-2022 06.51.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1. Stimulasi Perilaku Sosial Anak Usia Dini melalui Media Loose Parts (Bahan Lepasan) (1).pdf

Download (998kB)

Abstract

Bahan lepasan atau yang lebih dikenal sebagai loose parts merupakan media pembelajaran yang memberi anak kesempatan untuk mengeksplorasi, memanipulasi, atau mengeksploitasi imajinasi secara kritis, karena karaktersitik loose parts yang memungkinkan anak mengolah sesuai bentuk dari ide yang dipikirkannya. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana bahan lepasan sebagai media belajar tidak saja hanya mengajarkan anak mewujudkan suatu imajinasi melalui metode proyek, namun juga melatih anak dalam pengembangan aspek sosialnya. Subyek dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok A di TK Bukit Aksara Semarang. Penelitian ini penelitian kualitatif yang menerapkan perspektif fenomenologis. Kesimpulannya, bentuk-bentuk perilaku sosial seperti kerja sama, kemandirian, tanggung jawab dan percaya diri nampak saat anak bermain mengolah bahan lepasan. Hasil ini penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi guru PAUD untuk menggunakan bahan lepasan ke dalam kurikulum.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: perilaku sosial; anak prasekolah
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science
Depositing User: Misyana Misyana
Date Deposited: 12 Nov 2022 03:53
Last Modified: 12 Nov 2022 03:53
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13680

Actions (login required)

View Item View Item