(Peer Review + Similarity) Stimulasi Perilaku Sosial Anak Usia Dini melalui Media Loose Parts (Bahan Lepasan)
Misyana, Misyana (2021) (Peer Review + Similarity) Stimulasi Perilaku Sosial Anak Usia Dini melalui Media Loose Parts (Bahan Lepasan). Jurnal Obsesi, Indonesia.
![]() |
Text
stimulasi 06-17-2022 06.51.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
1. Stimulasi Perilaku Sosial Anak Usia Dini melalui Media Loose Parts (Bahan Lepasan) (1).pdf Download (998kB) |
Abstract
Bahan lepasan atau yang lebih dikenal sebagai loose parts merupakan media pembelajaran
yang memberi anak kesempatan untuk mengeksplorasi, memanipulasi, atau mengeksploitasi
imajinasi secara kritis, karena karaktersitik loose parts yang memungkinkan anak mengolah
sesuai bentuk dari ide yang dipikirkannya. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan
bagaimana bahan lepasan sebagai media belajar tidak saja hanya mengajarkan anak
mewujudkan suatu imajinasi melalui metode proyek, namun juga melatih anak dalam
pengembangan aspek sosialnya. Subyek dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok A
di TK Bukit Aksara Semarang. Penelitian ini penelitian kualitatif yang menerapkan perspektif
fenomenologis. Kesimpulannya, bentuk-bentuk perilaku sosial seperti kerja sama,
kemandirian, tanggung jawab dan percaya diri nampak saat anak bermain mengolah bahan
lepasan. Hasil ini penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi guru PAUD untuk menggunakan
bahan lepasan ke dalam kurikulum.
[error in script]
Item Type: | Peer Review |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | perilaku sosial; anak prasekolah |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science |
Depositing User: | Misyana Misyana | misyana@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 12 Nov 2022 03:53 |
Last Modified: | 12 Nov 2022 03:53 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13680 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |