Juni Diana, Ratna (2022) Analisis Efisiensi Dan Strategi Pemasaran Semangka (Citrullus vulgaris) Di Lahan Pasir Desa Paseban Kecamatan Kencong Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (838kB) |
|
Text
3. BAB 1.pdf Download (703kB) |
|
Text
4. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (961kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (762kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (926kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (781kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
9. BAB 7.pdf Restricted to Repository staff only Download (742kB) | Request a copy |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (772kB) |
|
Text
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Efisiensi adalah rasio antara input dan output. Pengukuran efisiensi pemasaran sering dilakukan terkait bagaimana memperpendek saluran pemasaran dan bagaimana mengurangi biaya pemasaran Panjang pendeknya suatu saluran pemasaran merupakan salah satu pengukuran dalam efisiensi pemasaran. Penelitian dilakukan untuk mengkaji tentang analisis efisiensi dan strategi pemasaran semangka di lahan pasir Desa Paseban Kecamatan Kencong Kabupaten Jember. Tujuan penelitian: mengetahui: (1) saluran pemasaran, (2) tingkat efisiensi dan (3) strategi pemasaran semangka di lahan pasir. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan sekunder. Dengan metode penelitian menggunakan survey, deskriptif, dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Pemasaran semangka dilahan pasir Desa Paseban mempunyai 2 pola saluran pemasaran yaitu: (a) pemasaran satu tingkat (petani - pedagang pengecer – konsumen) dan (b) pola saluran dua tingkat (petani - pedagang besar - pedagang pengecer – konsumen). (2) Pemasaran semangka lahan pasir di Desa Paseban Kecamatan Kencong Kabupaten Jember sudah efisien,namun saluran pemasaran satu tingkat lebih efisien daripada saluran dua tingkat, karena nilai margin lebih rendah dan nilai farmer share lebih tinggi. Margin pemasaran saluran satu tingkat Rp1.750, sedangkan dua tinglat Rp 2.500. Farmer share saluran pemasaran satu tingkat sebesar 63,16%, sedangkan du tingkat 54,55%. (3) Strategi pemasaran buah semangka berdasarkan faktor internal dan eksternal berada pada kuadran 1 yang berarti mendukung strategi agresif yaitu perluasan usaha dengan strategi S-O. Pemasaran memiliki kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang dan prospek untuk diusahakan dengan menggunakan kekuatan yang ada berupa penggunaan lahan secara optimal, menjaga dan meningkatkan kualitas produksi, dan memperbesar skala produksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | efisiensi pemasaran, farmer share, strategi pemasaran. | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming | |||||||||
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1) | |||||||||
Department: | S1 Agribisnis | |||||||||
Depositing User: | Ratna Juni Diana | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | dcute1223@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 24 May 2022 07:03 | |||||||||
Last Modified: | 24 May 2022 07:03 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13741 |
Actions (login required)
View Item |