PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN UNTUK KELAS XI MIPA SMA

Prakoso, Muhammad Insannul Adi (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN UNTUK KELAS XI MIPA SMA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (166kB)
[img] Text
3. Bab I.pdf

Download (567kB)
[img] Text
4. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
8. Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (547kB)
[img] Text
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran online selama masa pandemi covid-19 membutuhkan dukungan sumber belajar yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan bahan ajar yang dilakukan di SMAN 1 Pangkalan Bun diketahui bahwa variasi bahan ajar yang digunakan guru dan siswa dalam pembelajaran biologi pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan adalah LKS (Lembar Kerja Siswa), buku teks, dan buku paket. Guru dan siswa belum pernah menggunakan bahan ajar digital seperti e-modul. Dengan bahan ajar yang tersedia sebanyak 47% siswa masih kesulitan untuk memahami materi. Oleh karena itu diperlukan alternatif bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan untuk kelas XI MIPA SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Pangkalan Bun. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model 4D yang hanya sampai tahap pengembangan saja. Data penelitian yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yakni angket validasi ahli, angket validasi guru, angket respon siswa, dan angket kebutuhan siswa dan guru. Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket kebutuhan, dokumentasi, tes, dan angket uji validasi. Teknik analisis data menggunakan analisis angket kebutuhan, analisis angket uji validasi, analisis angket respon siswa, dan analisis keefektifan e-modul. Hasil analisis data penilaian ahli materi dan ahli media dan bahasa diperoleh sebanyak 90% dan 82,22% dengan kriteria sangat valid, dan penilaian ahli pengguna diperoleh persentase rata-rata sebanyak 96,43% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji coba skala kecil diperoleh persentase rata-rata sebanyak 83,08% dengan kategori sangat praktis, dan hasil uji coba skala besar diperoleh persentase rata-rata sebanyak 79,04% dengan kategori praktis dan N-Gain siswa diperoleh sebanyak 0,91 dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah e-modul materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan sangat valid, praktis dan sangat efektif untuk membantu pembelajaran yang dilakukan oleh guru maupun siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Kevalidan, Kepraktisan, Keefektifan
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: MUHAMMAD INSANNUL ADI PRAKOSO
Date Deposited: 01 Jul 2022 01:22
Last Modified: 01 Jul 2022 01:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13991

Actions (login required)

View Item View Item