(Peer Review + Similarity + Document) Perangkat Pembelajaran Biosistematik Hewan Bermuatan TPACK: Sebuah Kajian Kelayakan

EURIKA, NOVY (2022) (Peer Review + Similarity + Document) Perangkat Pembelajaran Biosistematik Hewan Bermuatan TPACK: Sebuah Kajian Kelayakan. Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
8. Perangkat Pembelajaran Biosistematik Hewan_Bioma.pdf

Download (480kB)
[img] Text
8. Similarity_Perangkat Pembelajaran Biosistematik Hewan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. Peer Review_Perangkat Pembelajaran Biosistematik Hewan.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Biosistematik Hewan dengan muatan TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) yang valid. Pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4D Thiagarajan. Data validitas dikumpulkan melalui angket penilaian pakar, dan didukung dengan data respon sikap mahasiswa terhadap pembelajaran menggunakan perangkat yang dikembangkan. Data dianalisis secara deskriptif berdasarkan kriteria validitas produk pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dengan skor sebesar 3,8 untuk Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) dan 3,5 untuk Rancangan Tugas Mahasiswa (RTM). Uji coba produk pengembangan menunjukkan bahwa 72% mahasiswa memberikan respon sikap sangat baik dan baik pada perkuliahan Biosistematik Hewan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Dengan demikian hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran Biosistematik Hewan bermuatan TPACK memenuhi kualifikasi valid.

Item Type: Peer Review
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 378 Higher Education, Universities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Eurika Novy
Date Deposited: 27 Jul 2022 01:03
Last Modified: 27 Jul 2022 01:03
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14319

Actions (login required)

View Item View Item