Elika, Acinda Purnama (2016) Efektifitas Metode Sugesti - Imajinasi Berbantuan Media Audio untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
artikel(1).pdf Download (80kB) | Preview |
|
Text
1. halaman sampul.pdf Download (19kB) |
||
Text
12. ABSTRAK.pdf Download (19kB) |
||
Text
bab 123.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
Text
aci exel.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
Text
Daftar pustaka.pdf Download (14kB) |
||
Text
SILABUS PEMBELAJARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
Abstract
Metode sugesti imajinasi merupakan metode yang mendasarkan pada menulis sebagai suatu proses yang memerlukan rangsangan menarik untuk memunculkan ide tulisan ditambah dengan adanya media audio berupa lagu. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana kemampuan menulis puisi siswa dan bagaimana efektivitas penggunaan metode sugesti imajinasi berbantuan media audio dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi siswa dan efektivitas penggunaan metode sugesti imajinasi dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Jenis penelitian eksperimen. Sasaran pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Islam Miftahul Ulum Manggisan Tanggul.Teknik pengumpulan data adalah tes dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini hasil kerja siswa dalam menulis puisi. Analisis deskripsi yang digunakan adalah membendingkan nilai siswa pretes dan postes yang terkait. Hasil skor posttest eksperimen menunjukkan bahwa metode sugesti imajinasi berbantuan media audio efektif digunakan pada pembelajaran menulis puisi karena nilai rata-rata postes lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pretes (pretes = 61,96, postes= 74,86). Berdasarkan hasil tersebut, maka metode sugesti imajinasi berbantuan media audio efektif digunakan pada pembelajaran menulis puisi dikelas VIII SMP Islam Mifatahul Ulum Manggisan Tanggul.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Metode sugesti imajinasi berbantuan media audio , menulis puisi | |||||||||
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 811 Indonesian Poetry | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI88201#PENDIDIKANBAHASADANSASTRAINDONESIA" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Hendri UF | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 12 Mar 2019 02:56 | |||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2019 03:21 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1432 |
Actions (login required)
View Item |