Efektifitas Metode Sugesti - Imajinasi Berbantuan Media Audio untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi



Elika, Acinda Purnama (2016) Efektifitas Metode Sugesti - Imajinasi Berbantuan Media Audio untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of artikel(1).pdf]
Preview
Text
artikel(1).pdf

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 1. halaman sampul.pdf] Text
1. halaman sampul.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of 12. ABSTRAK.pdf] Text
12. ABSTRAK.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of bab 123.pdf] Text
bab 123.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[thumbnail of aci exel.pdf] Text
aci exel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[thumbnail of Daftar pustaka.pdf] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of SILABUS PEMBELAJARAN.pdf] Text
SILABUS PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)

Abstract

Metode sugesti imajinasi merupakan metode yang mendasarkan pada menulis sebagai suatu proses yang memerlukan rangsangan menarik untuk memunculkan ide tulisan ditambah dengan adanya media audio berupa lagu.
Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana kemampuan menulis puisi siswa dan bagaimana efektivitas penggunaan metode sugesti imajinasi berbantuan media audio dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi siswa dan efektivitas penggunaan metode sugesti imajinasi dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa.
Jenis penelitian eksperimen. Sasaran pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Islam Miftahul Ulum Manggisan Tanggul.Teknik pengumpulan data adalah tes dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini hasil kerja siswa dalam menulis puisi. Analisis deskripsi yang digunakan adalah membendingkan nilai siswa pretes dan postes yang terkait.
Hasil skor posttest eksperimen menunjukkan bahwa metode sugesti imajinasi berbantuan media audio efektif digunakan pada pembelajaran menulis puisi karena nilai rata-rata postes lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pretes (pretes = 61,96, postes= 74,86). Berdasarkan hasil tersebut, maka metode sugesti imajinasi berbantuan media audio efektif digunakan pada pembelajaran menulis puisi dikelas VIII SMP Islam Mifatahul Ulum Manggisan Tanggul.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Amilia, Fitri
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Citraningrum, Dina Merdeka
UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Efektivitas, Metode sugesti imajinasi berbantuan media audio , menulis puisi
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 811 Indonesian Poetry
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 12 Mar 2019 02:56
Last Modified: 07 Nov 2019 03:21
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1432

Actions (login required)

View Item View Item