Ika Nurma, Meidina (2022) Penerapan Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Al - Islam Kemuhammadiyaan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah 5 Srono. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
a. PENDAHULUAN.pdf Download (4MB) |
|
Text
b. ABSTRAK.pdf Download (845kB) |
|
Text
c. BAB I.pdf Download (718kB) |
|
Text
d. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) |
|
Text
e. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) |
|
Text
f. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (522kB) |
|
Text
g. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
|
Text
h. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
|
Text
i. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (428kB) |
|
Text
j. LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
k. ARTIKEL.pdf Download (615kB) |
Abstract
ABSTRAK Meidina,Ika Nurma,2022.Penerapan Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Al- Islam Kemuhammadiyahan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah 5 Srono,Skripsi,Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jember. Dosen Pembimbing : (1) Dr. Siti Nursyamsiyah, M.Pd (2) Hairul Huda, M.Pd Kata Kunci : Metode Diskusi, Prestasi Belajar Penerapan metode diskusi dapat melatih siswa untuk berpikir kritis maka dari itu untuk mewujudkan hal tersebut dapat dimulai dari proses pembelajaran yang ada di kelas. Salah satunya yaitu menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran. Karena dalam metode diskusi siswa lebih mudah dan bebas berkomunikasi dan mengemukakan pendapat masing-masing. Sehingga kreatifitas dan kemampuan berpikir kritis akan tergali. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana penerapan metode diskusi pada mata pelajaran Al- Islam dan Kemuhammadiyahan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 5 Srono? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahai penerapan metode diskusi pada mata pelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 5 Srono.” Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertempat di SMK Muhammadiyah 5 Srono dengan pengumpulan datanya menggunakan Observasi, Wawancara dan dokumentasi dengan 5 informan. Adapun teknik analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data dan validasi data (kesimpulan). Serta untuk keabsahan data menggunakan Trianggulasi data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu” Penerapan metode diskusi pada mata pelajaran Al-Islam kemuhammadiyahan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 5 Srono yaitu dengan menggunakan metode diskusi proses pembelajaran dapat meninggakatkan prestasi belajar siswa hal ini dapat di buktikan dengan tercapainya indikator pembelajaran, tercapainya indikator ini dapat di lihat melalui tes tulis dan tes lisan sesuai dengan mata pelajaran, selain itu metode diskusi juga merupakan metode yang praktis, menyenangkan dan membuat siswa mudah mengingat materi yang telah diajarkan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 200 Religious 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Ika Nurma Meidina | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 08:18 | |||||||||
Last Modified: | 01 Aug 2022 08:22 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14687 |
Actions (login required)
View Item |