Hubungan Penggunaan Game Online Dengan Pola Tidur Pada Remaja di SMPN 2 Kalisat Jember

Ervin Dewi, Santika (2022) Hubungan Penggunaan Game Online Dengan Pola Tidur Pada Remaja di SMPN 2 Kalisat Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah JEMBER.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (325kB)
[img] Text
3. Bab I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
4. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text
7. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text
8. Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
9. Bab VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (698kB)
[img] Text
11. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dampak perkembangan teknologi salah satunya adalah munculnya game online. Namun yang terjadi saat ini game online digunakan secara berlebihan. Salah satu dampak dalam bermain game online yang berlebihan, akan menyebabkan para pemain melupakan waktu istirahat dan tidur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan game online dengan pola tidur pada remaja. Desain penelitian ini menggunakan correlation research dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 115 remaja kelas 8 dengan sampel penelitian yang diperoleh 90 responden melalui teknik pengambilan simple random sampling. Uji statistik menggunakan uji Spearman Rho. Hasil analisis penggunaan game online mayoritas (58,9%) dalam kategori berlebihan, pola tidur pada remaja mayoritas (71,1%) dalam kategori kurang. Hasil uji statistik didapatkan p value 0,002 (<0,05) artinya, ada hubungan yang signifikan penggunaan game online dengan pola tidur pada remaja, dengan kekuatan korelasi lemah. Arah korelasi positif yang artinya,semakin berlebihan penggunaan game online maka semakin kurang pola tidurnya. Upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi penggunaan game online yang berlebihan adalah bimbingan dan konseling keluarga, sekolah dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunan Game Online, Pola Tidur, Keperawatan Komunitas Pada Remaja
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Ervin Dewi Santika
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:18
Last Modified: 16 Aug 2022 06:36
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14769

Actions (login required)

View Item View Item