PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR'AN DI SMP NURUL JADID

RISKIYANTO, MUHAMMAD (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR'AN DI SMP NURUL JADID. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (847kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (644kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)
[img] Text
K. JURNAL.pdf

Download (861kB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Riskiyanto, 2022. Peran Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Di SMP Nurul Jadid. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jember. Dosen Pembimbing I: Dr. Siti Nusyamsiyah, SS, M. Pd. Dosen Pembimbing II: Dr. Dhian Wahana Putra, S. Pd, M. Pd. Kata Kunci : Peran, Guru PAI, Kesulitan, Membaca Al-Qur’an Peran utama dari seorang guru pendidikan agama Islam yaitu mendidik, mendidik ialah tugas yang sangat luas mendidik itu bisa dilaksanakan dengan mengajar, membimbing, menghukum, memberikan contoh, mengarahkan, dan lain-lain. Seperti peran guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SMP Nurul Jadid.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an dan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang dalam proses pengumpulan datanya menggunakan interview, observasi dan dokumentasi. Dengan Lokasi Penelitian Yaitu di SMP Nurul Jadid, Jl. KH, Salim No. 99 Desa Sumber Wringin, Sukowono Jember. Informan dari penelitian ini adalah Guru PAI, Kepala Sekolah, serta 2 Siswa dan 2 siswi kelas 7 SMP Nurul Jadid. Peneliti menyimpulkan bahwa peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an peserta didik adalah dengan mengontrol langsung bacaan Al-Qur’an peserta didik, memberikan pengawasan khusus bagi peserta didik yang mengalami kesulitan, kemudian memberikan bimbingan khusus, menyampaikan materi dengan sabar dan telaten, tegas dan disiplin dalam kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan jam tambahan dengan menjadikan peserta didik selalu aktif, memfasilitasi peserta didik buku tajwid dan Iqro, menyampaikan nasehat dan keutamaan membaca Al-Qur’an menggunakan media audio visual, membangkitkan semangat peserta didik dengan mengadakan lomba membaca Al-Qur’an, mengevaluasi kekurangan dan sistem dalam pembelajaran PAI kemudian dilanjutkan memberikan jam tambahan Ekstrakulikuler, membuatkan absen kegiatan jam tambahan pagi dan absen kegiatan Ekstrakurikuler serta membuat surat kerjasama dengan lembaga Al-Qur’an yang bertujuan untuk mengembangkan potensi membaca Al-Qur’an peserta didik. Faktor pendukung adanya kegiatan Ekstrakulikuler dan terdapat fasilitas yang memadai di SMP Nurul Jadid. Dan terdapat faktor penghambat yaitu terbatasnya waktu pembelajaran PAI, kepribadian peserta didik yang kurang disiplin dan faktor lingkungan serta kebiasaan dirumah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru PAI, Kesulitan, Membaca Al-Qur’an
Subjects: 200 Religious > 201 Religious Mythology
200 Religious > 201 Religious Mythology > 207 Missions & Religious Education
200 Religious > 290 Other Religions
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.1 Sources of Islam
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: MUHAMMAD RISKIYANTO
Date Deposited: 04 Aug 2022 01:28
Last Modified: 04 Aug 2022 01:28
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14823

Actions (login required)

View Item View Item