Arif, Ishomuddin (2022) Peran Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Kitab Kuning di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (797kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) | Request a copy |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
K. ARTIKEL.pdf Download (334kB) |
|
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini diantaranya adalah dipondok pesantren yang salaf selalu dihadapkan dengan kitab kuning, maka dengan metode pembelajaran pesantren tradisional yang sudah menjamur, santri dituntut untuk bisa memahami kitab kuning dengan berbagai metode pembelajaran, Seperti pondok pesantren Madinatul Ulum yang semua aktifitas menggunakan bahasa madura, dan salah satu metode yang diutamakan ialah metode sorogan. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran metode sorogan bahasa madura dalam meningkatkan kemampuan memahami kitab kuning di pondok pesantren Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Jember ? tujuan penelitian yang dirangkum peneliti adalah Untuk mendeskripsikan metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan memahami kitab kuning di pondok pesantren Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Jember . Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pelaksanaan penelitian yaitu pada 20 juni 2022sampai dengan 15 Juli 2022 di Pondok Pesantren Madinatul Ulum. Peneliti menggunakan 3 metode pengumpulan data diantaranya, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen wawancara, instrumen observasi, dan instrument dokumentasi. Subyek penelitian adalah pengurus pesantren, ustadz, santri pondok pesantren Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Jember Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa peran metode sorogan bahasa madura di pondok pesantren Madinatul Ulum adalah untuk mempermudah atau meningkatkan santri memahami kitab kuning dengan metode sorogan yang sudah menjadi ciri khas di pondok pesantren Madinatul Ulum, dengan cara setiap ustadz memberikan bimbingan langsung kepada setiap santri sehingga mengetahui kemampuan perindividu santri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Peran Metode Sorogan, Kemampuan Memahami Kitab Kuning | |||||||||
Subjects: | 200 Religious 200 Religious > 201 Religious Mythology 200 Religious > 201 Religious Mythology > 207 Missions & Religious Education |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | MUHAMMAD ARIF ISHOMUDDIN | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | bangishom30@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2022 03:23 | |||||||||
Last Modified: | 05 Aug 2022 03:23 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14869 |
Actions (login required)
View Item |