PERAN ASATIDZ DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL SANTRI MELALUI PEMBELAJARAN METODE BAHTSUL MASAIL DI PONDOK PESANTREN MADINATUL ULUM JEMBER

Mahtum, Muhammad Rofiki (2022) PERAN ASATIDZ DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL SANTRI MELALUI PEMBELAJARAN METODE BAHTSUL MASAIL DI PONDOK PESANTREN MADINATUL ULUM JEMBER. Undergraduate thesis, universitas muhammdiyah jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (782kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (474kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
K. JURNAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kondisi sekarang dengan semakin merosotnya moral masyarakat yang memprihatinkan nasib kader muda di masa mendatang. Solusi yang tepat dan perlu mendapat porsi besar dari kalangan masyarakat adalah dunia pesantren. Pesantren merupakan tempat dimana kyai, ustadz dan santri hidup bersama membentuk sistem tersendiri dalam lembaga pendidikan agama. Sebab dalam dunia pesantren, seorang santri tidak hanya dituntut untuk pandai dan menguasai pelajaran seperti halnya dunia pendidikan lainnya, melainkan juga dituntut harus dapat bermoral baik. Pesantren diharapkan tidak hanya mampu menjalankan fungsi sebagai pusat pemberdayaan sosial serta ekonomi masyarakat, tetapi juga peran sosial lainnya. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan peran asatidz dalam meningkatkan kecerdasan intelektual santri melalui pembelajaran metode bahtsul masail. Dan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran metode bahtsul masail dalam meningkatkan kecerdasan intelektual santri di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara,ddan juga dokumenter. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini berupa kondensasi data (dataacondensation), penyajianndata (data display), verifikasi dan penarikan kesimpulan (drawing and verifiying conclusion). Pengecekan keabsahan datanya melalui trianggulasi sumber, dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran asatidz dalam meningkatkan kecerdasan intelektual santri di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Jember yakni: Pondok Pesantren Madinatul Ulum Jember menyelenggrakan bathsul masail setiap seminggu 1 kali pada hari minggu, mempublikasikan hasil-hasil dari kegiatan pembelajaran metode bahtsul masail. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran metode bahtsul masail dalam meningkatkan kecerdasan intelektual santri di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Jember, yakni: kegiatan bahtsul masail merupakan bagian dari kegiatan ekstrakulikuler, kegiatan bahstul masail dikelola sendiri oleh pengurus pondok yang telah tersusun struktur kepengurusan khusus, dan peserta bahtsul masail ini adalah santri madrasah diniyah, kelas wustho sampai ulya, dan peserta bahtsul masail dibagi kedalam beberapa kelompok dan setiap kelompoknya terdiri dari tiga sampai lima santri, serta kegiatan bahtsul masail terdiri dari beberapa tahapan, yakni tahap persiapan dan tahap pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kecerdasan Intelektual, Metode Bahtsul Masail.
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 201 Religious Mythology > 204 Religius Experience, Life & Practice
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Muhammad Rofiki Mahtum
Date Deposited: 06 Aug 2022 04:01
Last Modified: 06 Aug 2022 04:05
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14897

Actions (login required)

View Item View Item