Mailisari, Erni Dwi (2022) Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dalam Tindakan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Ajung. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abtrak.pdf Download (377kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (233kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (859kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text
9. BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) | Request a copy |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) |
|
Text
11. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
12. JURNAL.pdf Download (322kB) |
Abstract
Komunikasi terapeutik merupakan alat yang sangat penting dalam mempengaruhi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi hubungan komunikasi terapeuitk perawat dalam tindakan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Ajung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasi pendekatan Cross Sectional. Tekhnik sampling yang digunakan ialah non probability sampling dengan menggunakan pendekatan quota sampling dengan populasi 56 pasien dengan sampel 49 pasien. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner Peneliti menunjukan bahwa komunikasi terapeutik perawat di Puskesmas Ajung terdapat (2,0%) pasien mengatakan bahwa komunikasi terapeutik perawat dalam kategori tidak baik, (73,5%) pasien menyatakan bahwa komunikasi terapeutik perawat dalam kategori cukup baik, (24,5%) pasien menyatakan bahwa komunikasi terapetik perawat dalam kategori baik. Dan (33%) pasien merasakan tidak puas, (34%) pasien merasakan puas, (33 %) pasien merasakan sangat puas. Berdasarkan hasil dari Penelitian ini dengan menggunakan uji korelasi Sperman Rho diketahui p value 0,000 dimana α<0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi terapeutik perawat di Puskesmas Ajung dalam kategori cukup baik dan tingkat kepuasan pasien dalam kategori puas sehingga menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik perawat dalam tindakan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Ajung. Rekomendasi Penelitian ini untuk Puskesmas Ajung agar meningkatkan pelayanan kesehatan dengan berkomunikasi terapeutik yang baik sehingga dapat memberikan kenyamanan dan kepuasan terhadap pasien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pasien, Komunikasi Terapeutik | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health | |||||||||
Divisions: | Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1) | |||||||||
Department: | S1 Ilmu Keperawatan | |||||||||
Depositing User: | Erni Dwi Mailisari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | ernidwimailisari99@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2022 04:21 | |||||||||
Last Modified: | 09 Aug 2022 04:21 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14995 |
Actions (login required)
View Item |