Noviana, Noviana (2017) Hubungan antara Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menulis Ringkasan Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Pakusari Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
Artikel.pdf Download (132kB) | Preview |
|
Text
Pendahuluan.pdf Download (50kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (22kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (36kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
Abstract
Membaca pemahaman adalah membaca secara kognitif (membaca untuk memahami), dalam membaca pemahaman, pembaca di tuntut mampu memahami isi bacaan. Oleh sebab itu, setelah membaca teks, pembaca dapat menyampaikan hasil pemahaman membacanya dengan cara membuat ringkasan isi bacaan dengan menggunakan bahasa sendiri dan menyampaikannya baik secara lisan maupun tulisan. Menulis ringkasan (precis) adalah cara menulis yang efektif untuk menyajikan suatu karangan yang panjang dalam bentuk yang singkat. Suatu ringkasan bertolak dari penyajian suatu karya asli secara singkat. Permasalahan yang muncul dari latar belakang yakni: apakah ada hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan menulis ringkasan siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pakusari tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ada tidaknya hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan menulis ringkasan siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pakusari tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah korelasi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2. Tempat penelitian di SMA Negeri 1 Pakusari, pada tanggal 22 Maret 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen dalam penelitian adalah tes soal obyektif (pilihan ganda) dan soal subyektif (uraian). Tekhnik pengukuran instrument menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan daya beda. Hasil analisis data nilai kemampuan membaca pemahaman diperoleh skor tertinggi 75 dan skor terendah 37 dengan rata-rata diperoleh sebesar 49. Sedangkan hasil analisis data nilai keterampilan menulis ringkasan diperoleh skor tertinggi 100 dan skor terendah 40. Dengan nilai rata-rata sebesar 66. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti mengkorelasikan hasil dari kemampuan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas XI IPS 2 dibuktikan dari hasil perhitungan menggunakan SPSS, yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,028. Artinya jika signifikansi yang diperoleh dari hasil kemampuan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis ringkasan lebih kecil dari signifikansi yang ditentukan yaitu 0.05 berarti ada hubungan (korelasi). Hal ini berarti dapat ditarik kesimpulan “Ada hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pakusari tahun pelajaran 2016/2017”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca pemahaman, Menulis ringkasan. |
Subjects: | 400 Language > 421 Writing System |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI88201#PENDIDIKANBAHASADANSASTRAINDONESIA" not defined] |
Depositing User: | Hendri UF |
Date Deposited: | 21 Mar 2019 03:14 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 07:40 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1522 |
Actions (login required)
View Item |