Putranto, Awaliya Dias (2022) Hubungan Aktivitas Bermain Game Online Dengan Pola Makan Pada Anak Usia 10-12 Tahun Di SD Negeri Dabasah 3 Bondowoso Berbasis Uses And Gratifications Research Model. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (380kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (392kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) | Request a copy |
|
Text
9. BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (515kB) |
|
Text
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pola makan yang tidak sehat dengan mengkonsumsi makanan instan dan frekuensi makan tidak teratur dapat disebabkan oleh aktivitas bermain salah satunya game online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas bermain game online dengan pola makan pada anak usia sekolah berbasis Uses and Gratification Research Model. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan terhadap anak usia sekolah di SDN Dabasah 3 Bondowoso dengan melibatkan sebanyak 112 siswa-siswi. Siswa�siswi dipilih secara acak dengan teknik simple random sampling. Data diambil dengan metode observasi dan analisis menggunakan statistic komputer berupa uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan anak usia sekolah yang bermain game online lebih dari 2 jam lebih besar 27,6% daripada anak yang bermain 1-2 jam dengan jenis game yang sering dimainkan adalah jenis game menembak sebanyak 43,8% dan mayoritas menunjukkan pola makan tidak sehat sebesar 50,9% . Analisis statistic menunjukkan bahwa ada hubungan antara waktu bermain dan jenis game dengan pola makan pada anak usia 10-12 tahun di SDN Dabasah 3 Bondowoso dengan nilai Sig < 0,05% . Oleh karena itu perlu adanya edukasi kepada anak terkait penggunaan waktu bermain game online yang efektif dengan batas waktu normal yaitu 1-2 jam untuk mencegah pola makan tidak sehat hal ini dikarenakan tinggi rendahnya intensitas waktu bermain game online sangat berpengaruh terhadap pola makan anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak usia 10-12 tahun, Game Online, Jenis Game, Pola Makan, Uses and gratifications Reserch Model | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 613 Personal Health, Hygiene | |||||||||
Divisions: | Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1) | |||||||||
Department: | S1 Ilmu Keperawatan | |||||||||
Depositing User: | Awaliya Dias Putranto | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | diasputranto21@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 26 Aug 2022 01:11 | |||||||||
Last Modified: | 26 Aug 2022 01:11 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15229 |
Actions (login required)
View Item |