Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Penunjang Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Rogojampi

Muksa, Virgi Riyan (2022) Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Penunjang Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Rogojampi. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (351kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (511kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (477kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan perantara yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau materi pembelajaran dari pendidik ke peserta didik, yang berfungsi untuk memperjelas pesan atau informasi yang disampaikan. Google Classroom merupakan aplikasi berbasis virtual class dengan sistem elearning yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan berfungsi untuk menunjang proses pembelajaran. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana pendidik memilih dan menggunakan media pembelajaran yang tepat untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan google classroom sebagai media penunjang pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X di SMA Negeri 1 Rogojampi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah siswa kelas X dan guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Rogojampi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni dengan melakukan reduksi data. Kegiatan reduksi data dilakukan peneliti dengan meringkas, memilih topik, memfokuskan data yang penting, serta menghapus data yang tidak dibutuhkan dalam penelitian. Teknik keabsahan data menggunakan uji kredibelitas dengan perpanjangan pengamatan dan meningkatkan ketekunan dalam penelitian. Hasil dari analisis data menunjukan, dalam pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran, langkah-langkah yang dilakukan oleh guru yaitu, (1) membuat kelas, (2) membuat lembar kehadira siswa, (3) menyusun materi, (4) membuat tugas, (5) menyampaikan materi, dan (6) melakukan penilaian pada google classroom. Langkah-langkah yang dilakukan oleh siswa yaitu (1) bergabung kedalam kelas, (2) mengikuti kegiatan pembelajaran, (3) mengakses materi, dan (4) mengerjakan tugas pada google classroom. Kelebihan dan kekurangan google classroom, kelebihan google classroom yaitu, (1) mudah digunakan, (2) menghemat waktu, (3) fleksibel, dan (4) hemat biaya, adapun kekurangan google classroom yaitu (1) membutuhkan panduan bagi pengguna baru, (2) jaringan internet, dan (3) membutuhkan perangkat yang mendukung dalam pemanfaatanya. Alasan dipilihnya google classroom sebagai media pembelajaran karena dinilai sesuai dengan kriteria kelayakan media pembelajaran, yang meliputi kualitas isi dan tujuan, kualitas instruksional, dan kualitas teknis. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah langkahlangkah pemanfaatan google classroom yang mudah, dan berbagai kelebihan yang dimiliki google classroom, menjadikan aplikasi google classroom sesuai untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X di SMA Negeri 1 Rogojampi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Google Classroom, Media Pembelajaran
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 373 Secondary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Virgi Riyan Muksa
Date Deposited: 10 Dec 2022 03:06
Last Modified: 10 Dec 2022 03:06
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15619

Actions (login required)

View Item View Item