Desain Sistem Rem Hidrolik dan Kemudi Recirculating Ball Sederhana Pada Mobil Hemat Energi Tipe Urban
indrajaya, jawara (2022) Desain Sistem Rem Hidrolik dan Kemudi Recirculating Ball Sederhana Pada Mobil Hemat Energi Tipe Urban. Undergraduate thesis, universitas muhammadiyah jember.
| ![A. PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text A. PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) | 
| ![B. ABSTRAK.pdf [thumbnail of B. ABSTRAK.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text B. ABSTRAK.pdf Download (344kB) | 
| ![C. BAB I.pdf [thumbnail of C. BAB I.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text C. BAB I.pdf Download (633kB) | 
| ![D. BAB II.pdf [thumbnail of D. BAB II.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy | 
| ![E. BAB III.pdf [thumbnail of E. BAB III.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy | 
| ![F. BAB IV.pdf [thumbnail of F. BAB IV.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy | 
| ![G. BAB V.pdf [thumbnail of G. BAB V.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy | 
| ![H. DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of H. DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text H. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (414kB) | 
| ![I. LAMPIRAN.pdf [thumbnail of I. LAMPIRAN.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text I. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy | 
Abstract
Kontes Mobil Hemat Energi adalah perlombaan mengenai perancangan dan 
pembuatan mobil hemat energi yang ramah lingkungan. Tujuan dari perlombaan 
ini adalah untuk mewadahi kreatifitas mahasiswa Indonesia dalam menjaga 
kesinambungan alam dan teknologi melalui konsep kendaraan hemat energi yang 
ramah lingkungan. Dalam penelitian ini, kami bertuajuan untuk medapatkan sistem 
kemudi dan pengereman pada mobil hemat energi tipe urban. Dengan 
menggunakan sistem kemudi recirculating ball yang disederhanakan dengan tujuan 
mengurangi beban pada kendaraan tetapi tetap berfungsi dengan normal. Pada 
sistem pengereman, menggunakan sistem pengereman hirolik agar dapat 
mengurangi dan menghentikan kendaraan dengan mudah. Pengambilan data 
menggunkan perhitungan manual dan motion pada solidworks 2020. Untuk sistem 
kemudi didapatkan radius belok maksimal 4,9 meter dengan dengan sudut belokan 
21 . Besar gaya pengereman 940,16 Newton untuk membuat kendaraan berhenti 
pada kecepatan 50 kilometer. Dengan jarak 20 meter dan membutuhkan waktu 2,8 
detik. 
Kata Kunci: KMHE, sistem kemudi, sistem pengereman
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingFathonisyam, Ardhinidn0728038002Dosen PembimbingKosjoko, kosjokonidn0715126901
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
|---|---|
| Keywords/Kata Kunci: | KMHE, sistem kemudi, sistem pengereman | 
| Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 690 Planning, Anaysis, Engineering Design | 
| Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1) | 
| Depositing User: | Jawara Perdana Indrajaya | jawaraperdanaindrajaya@gmail.com | 
| Date Deposited: | 29 Dec 2022 01:14 | 
| Last Modified: | 29 Dec 2022 01:14 | 
| URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15739 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
      