Desain Sistem Rem Hidrolik dan Kemudi Recirculating Ball Sederhana Pada Mobil Hemat Energi Tipe Urban



indrajaya, jawara (2022) Desain Sistem Rem Hidrolik dan Kemudi Recirculating Ball Sederhana Pada Mobil Hemat Energi Tipe Urban. Undergraduate thesis, universitas muhammadiyah jember.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (633kB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[thumbnail of H. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of I. LAMPIRAN.pdf] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy

Abstract

Kontes Mobil Hemat Energi adalah perlombaan mengenai perancangan dan
pembuatan mobil hemat energi yang ramah lingkungan. Tujuan dari perlombaan
ini adalah untuk mewadahi kreatifitas mahasiswa Indonesia dalam menjaga
kesinambungan alam dan teknologi melalui konsep kendaraan hemat energi yang
ramah lingkungan. Dalam penelitian ini, kami bertuajuan untuk medapatkan sistem
kemudi dan pengereman pada mobil hemat energi tipe urban. Dengan
menggunakan sistem kemudi recirculating ball yang disederhanakan dengan tujuan
mengurangi beban pada kendaraan tetapi tetap berfungsi dengan normal. Pada
sistem pengereman, menggunakan sistem pengereman hirolik agar dapat
mengurangi dan menghentikan kendaraan dengan mudah. Pengambilan data
menggunkan perhitungan manual dan motion pada solidworks 2020. Untuk sistem
kemudi didapatkan radius belok maksimal 4,9 meter dengan dengan sudut belokan
21 . Besar gaya pengereman 940,16 Newton untuk membuat kendaraan berhenti
pada kecepatan 50 kilometer. Dengan jarak 20 meter dan membutuhkan waktu 2,8
detik.
Kata Kunci: KMHE, sistem kemudi, sistem pengereman

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Fathonisyam, Ardhi
nidn0728038002
Dosen Pembimbing
Kosjoko, kosjoko
nidn0715126901

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: KMHE, sistem kemudi, sistem pengereman
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 690 Planning, Anaysis, Engineering Design
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Jawara Perdana Indrajaya | jawaraperdanaindrajaya@gmail.com
Date Deposited: 29 Dec 2022 01:14
Last Modified: 29 Dec 2022 01:14
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15739

Actions (login required)

View Item View Item