EFEKTIFITAS TERAPI REBUSAN AIR DAUN ALPUKAT TERHADAP PASIEN HIPERTENSI DENGAN MASALAH KEPERAWATAN INTOLERANSI AKTIFITAS DI KABUPATEN JEMBER

Istighfar, Yusuf Nur (2023) EFEKTIFITAS TERAPI REBUSAN AIR DAUN ALPUKAT TERHADAP PASIEN HIPERTENSI DENGAN MASALAH KEPERAWATAN INTOLERANSI AKTIFITAS DI KABUPATEN JEMBER. Profession Education thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (403kB)
[img] Text
3. Bab I.pdf

Download (488kB)
[img] Text
4. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text
7. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (545kB)
[img] Text
9. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Latar Belakang: Hipertensi didefinisikan sebagai peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg. Pengobatan hipertensi terdiri dari terapi non farmakologis dan farmakologis. Penderita penyakit darah tinggi pada umumnya kekurangan kalium, potassium, dan kalsium. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung kalium, postasium, dan kalsium merupakan cara yang tepat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, salah satunya adalah tanaman daun alpukat. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian terapi rebusan air daun alpukat terhadap masalah keperawatan intoleransi aktifitas pada keluarga dengan hipertensi. Metode: Rancangan karya tulis ilmiah ini menggunakan desain studi kasus (case study). Subyek yang digunakan yaitu dua pasien hipertensi dengan masalah keperawatan intoleransi aktifitas. Hasil: Hasil intervensi menunjukkan setelah diterapkan intervensi pemberian terapi rebusan air daun alpukat menunjukkan bahwa tekanan darah kedua klien menurun setelah pemberian terapi minum rebusan daun alpukat. Pengetahuan klien dan keluarga juga meningkat dengan mengerti pemberian secara rutin, hipertensi dapat dikontrol dan dikendalikan. Simpulan: Setelah melihat perkembangan dari kedua klien dapat ditarik kesimpulan bahwa edukasi kesehatan yang dilakukan secara langsung kepada keluarga meningkatkan pengetahuan hingga kemampuan keluarga merawat anggota keluarganya yang mengalami hipertensi. Dengan cara mengulang kembali pendidikan kesehatan serta penjelasan materi selama implementasi berlangsung. Diketahui bahwa rebusan daun alpukat efektif untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Item Type: Thesis (Profession Education)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Rebusan air daun alpukat; hipertensi; intoleransi aktifitas
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 613 Personal Health, Hygiene
Divisions: Faculty of Health > Nurse Profession Education
Depositing User: Yusuf Nur Istighfar
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:19
Last Modified: 16 Jan 2023 03:19
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16000

Actions (login required)

View Item View Item