ASUHAN KEPERAWATAN JIWA PADA PASIEN DENGAN RISIKO PERILAKU KEKERASAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANJARSENGON KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER

Nugraha, Adika Setya (2023) ASUHAN KEPERAWATAN JIWA PADA PASIEN DENGAN RISIKO PERILAKU KEKERASAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANJARSENGON KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER. Profession Education thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (315kB)
[img] Text
3. Bab I.pdf

Download (505kB)
[img] Text
4. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text
7. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (605kB)
[img] Text
9. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER PROGRAM STUDI PROFESI NERS FAKULTAS ILMU KESEHATAN Karya Ilmiah Akhir 2022 Adika Setya Nugraha Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Sdr. M Dan Nn. S Dengan Risiko Perilaku Kekerasan Di Desa Banjarsengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember, 2022 xii + 55 hal +3 bagan + 12 tabel + 1 lampiran. ABSTRAK Pendahuluan: Gangguan jiwa merupakan psikologis atau pola pikir diperlihatkan pasien yang berakibat disfungi, distress, dan mengurangi kualitas kehidupan. Hal tersebut menunjukkan disfungsi psikologis dan bukan sebagai akibat konflik dengan masyarakat atau penyimpangan sosial, salah satunya adalah gangguan jiwa dengan risiko perilaku kekerasan. Risiko perilaku kekerasan yakni bentuk perilaku yang bertujuan melukai psikologis dan fisik seseorang. Peran perawat sangat penting untuk memberi asuhan keperawatan kepada pasien dengan masalah risiko perilaku kekerasan supaya tidak menimbulkan dampak negative terhadap diri pasien itu sendiri dan orang lain. Penelitian ini bertujuan Melaksanakan Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Pasien yang mengalami Risiko Perilaku Kekerasan Di Wilayah Kerja Puskesmas Banjarsengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Metode: Desain dari penelitian ini adalah Studi Kasus Pada Sdr. M dan Nn. S yang mengalami Risiko Perilaku Kekerasan Di Wilayah Kerja Puskesmas Banjarsengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Peneliti menggunakan 2 pasien gangguan jiwa dengan risiko perilaku kekerasan sebagai bahan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Hasil: Analisis intervensi terapi SP 1-4 terbukti memberi pengaruh yang baik dan signifikan terhadap pengendalian emosi dan mengurangi gejala risiko perilaku kekerasan pada pasien. Kesimpulan: Setelah menguraikan mengenai proses keperawatan pada Sdr. M dan Nn. S maka kesimpulannya adalah pasien bisa mengontrol risiko perilaku kekerasan dengan terapi yang diajarkan oleh peneliti. Kata kunci: Asuhan Keperawatan Jiwa; Risiko Perilaku Kekerasan. Daftar Pustaka: 8 (2014-2022)

Item Type: Thesis (Profession Education)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 614 Public Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Health > Nurse Profession Education
Department: Pendidikan Profesi Ners
Depositing User: Adika Setya Nugraha
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
ContributorSuryaningsih, YeniNIDN#
Contact Email Address: jemberdika@gmail.com
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:29
Last Modified: 17 Jan 2023 03:29
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16040

Actions (login required)

View Item View Item